Pandemi covid 19, membuat semua guru, termasuk saya harus beradaptasi. Kegiatan bermain dan belajar yang biasanya dilakukan di sekolah secara tatap muka kini harus dilakukan secara online menggunakan teknologi komunikasi.

3 hal penting yang menjadi praktek baik pengalaman saya bersama anak-anak selama masa pandemi:

Pertama:  Beradaptasi dengan teknologi, karena pembelajaran dari rumah yang memanfaatkan perangkat teknologi.

Sejak awal sekolah Benih Kasih memberikan pelayanan terbaik yang memudahkan anak dan orangtua melakukan kegiatan bermain dan belajar dari rumah. Antara lain: menggunakan zoom meeting sebagai kelas online, terus berkomunikasi dengan orangtua melalui WhatsApp Group dengan layanan tanpa batas, membuat video edukasi seperti “BK.Tv”, sampai memanfaatkan aplikasi “I CAN DO” untuk mengembangkan administrasi  dan memberikan layanan edukasi  digital bagi anak dan orangtua.

Senang melihat anak dapat belajar menggunakan teknologi seperti chat zoom, membuat coretan pada white board zoom, dll. Percaya diri anak juga terbangun saat mereka terlibat dalam pembuatan video BK.tv. Layar zoom tidak membatasi mereka untuk bergerak bebas saat harus mengikuti kegiatan menyanyi dan olahraga.

Kedua:  Kreatif dan inovatif, tetap bisa diusahakan dengan merancang pembelajaran untuk meningkatkan kecakapan hidup, mengembangkan karakter, serta tetap memfasilitasi keterampilan gerak anak. Seperti mengajak anak belajar membuat karya (project base learning) dengan memanfaatkan barang yang tersedia dirumah, memanfaatkan looseparts (aneka barang lepasan yang kaya nutrisi sensori), dll. Saya semakin bersemangat ketika melihat anak-anak juga bisa kreatif dan inovatif menemukan ide menyelesaikan tugas, menunjukkan kemandiriannya, dll. Orangtua juga melihat secara langsung aktivitas bermain dan belajar bersama anak; sehingga tidak hanya memberikan pengalaman belajar untuk anak-anak, tetapi juga dapat menjadi model bagi orangtua mendampingi anak agar berkembang maksimal.

Ketiga: Komunikasi yang baik kepada orangtua agar pendampingan dapat berjalan baik, seperti komunikasi timbal-balik melalui whatsapp group. Puji Tuhan orangtua dapat bersepakat meluangkan waktu mengikuti kelas orangtua setiap minggu dan doa bersama setiap bulan yang sangat membantu guru dan orangtua bekerjasama mengiring perkembangan anak dimasa golden age. Sesama orangtua juga saling mendoakan dan memberi pengalaman dalam pendampingan anak.

Saya percaya Tuhan sendiri yang akan memberi hikmat dalam setiap tantangan yang ada. Amin. Tuhan Yesus memberkati.

 

 

Ditulis oleh :

Yulia Anjarwati Purbasari, S. Pd

(Guru KB/TK BENIH KASIH)

Share this entry
Open chat
MDC School

FREE
VIEW