Tak terasa sudah satu tahun lebih kita berjuang bersama di tengah pandemi Covid-19.
Banyak hal yang harus tetap dilaksanakan dengan menyesuaikan keadaan yang sedang kita
alami. Salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pembelajaran yang semula
bisa bertatap muka secara langsung harus berubah menjadi pembelajaran daring/online untuk
mencegah penyebaran Covid-19.

Disinilah kreativitas guru-guru SD MDC diasah lebih lagi untuk menyajikan
pembelajaran yang seru dan kreatif untuk siswa/i. Pembelajaran yang diatur sedemikian rupa
sehingga tak kalah seru dengan pembelajaran saat di kelas. Berbagai metode pembelajaran
telah dilakukan, sehingga siswa/i tidak merasa bosan meskipun harus belajar dari rumah.
Metode itu antara lain: pemutaran video pembelajaran, dimana siswa praktek secara langsung
di rumah masing-masing, menggunakan aplikasi untuk pembelajaran yang dikemas dalam
bentuk permainan, setiap hari Jumat menggunakan baju bebas dengan tema yang mereka
sukai, dan lain sebagainya. Meskipun secara daring, SD MDC juga tetap mengadakan lomba-
lomba untuk memperingati hari besar tertentu.

Metode pembelajaran yang dilaksanakan tentunya memiliki berbagai tujuan yang
ingin dicapai. Pemutaran video pembelajaran dan praktek langsung memiliki tujuan untuk
menggali dan membangun keterampilan serta kreativitas siswa/i dalam mengerjakan tugas
yang diberikan. Pembelajaran yang dikemas dalam bentuk permainan juga membantu siswa/i
untuk belajar secara menyenangkan sehingga tidak merasa bosan dalam proses belajar. Selain
itu juga membantu siswa/i untuk berpikir lebih kritis. Hari Jumat yang merupakan hari
menggunakan baju bebas sesuai tema yang mereka suka juga membantu siswa untuk meng-
eksplor apa yang mereka sukai. Pengadaan lomba secara daring juga membantu siswa/i untuk
memiliki jiwa kompetitif sportif yaitu bersaing secara baik untuk memenangkan suatu
perlombaan tetapi tetap berlaku adil. Dari metode pembelajaran tersebut juga ditanamkan
nilai-nilai karakter yang berguna bagi mereka di masa yang akan datang.

Dari beberapa testimoni guru SD MDC dalam melaksanakan metode pembelajaran
tersebut, mereka juga bisa menggali kesukaan siswa/i serta apa yang menjadi harapan serta
cita-cita mereka kedepan. Siswa/i juga antusias serta aktif dalam proses pembelajaran,
mereka mengerjakan tugas dan selesai sebelum waktu pengumpulan. Siswa/i terlihat
menikmati tugas yang diberikan oleh gurunya. Masa yang disebut sulit ini tidak membatasi
guru dan siswa/i untuk terus berkarya dan mengembangkan kreativitas yang mereka punya.

Share this entry