Jabatan dan tugas wali kelas adalah jabatan yang sangat penting dalam peningkatan gairah belajar para murid. Wali kelas adalah guru yang paling dekat hubungannya dengan seluruh siswa yang ada di kelas bersangkutan. Hubungan tersebut tidak hanya sebatas hubungan guru dan siswa, namun juga mengembangkan bakat dan kemampuan setiap siswa sehingga dapat belajar dengan sebaik-baiknya. Wali kelas bertindak untuk memastikan bahwa proses belajar dari setiap siswa tidak menghadapi kendala sehingga setiap siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik maka wali kelas perlu mengenal dengan baik setiap siswa di dalam kelas. Wali Kelas dapat mengenal setiap siswa dengan baik, karena memberikan waktu dan pikirannya untuk kemajuaan anak didiknya. Jika seorang murid menghadapi masalah dalam proses belajar mengajar maka wali kelas akan bertindak sebagai pembimbing untuk memberikan jalan keluar karena mengenal murid tersebut secara pribadi. Seorang wali kelas yang baik akan memberikan perhatian dan waktunya untuk dapat mengenal setiap muridnya.

Sebagai gembala yang baik, Tuhan Yesus pasti mengasihi dan bertanggung jawab atas setiap umat-Nya, Dia juga mengenal kawanan domba-Nya. Firman Tuhan dalam Yohanes 10:3-4 berkata, “Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar. Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya.” Tuhan Yesus mengenal setiap umat-Nya, Ia tahu kelemahan dan kelebihan kita. Bahkan Ia mengenal kita jauh melebihi pengenalan kita terhadap diri kita sendiri. Tuhan Yesus, gembala yang baik, mengenal kita secara pribadi karena setiap kita berharga di mata-Nya. Kita tidak perlu ragu dan takut untuk datang kepada-Nya, untuk menyampaikan permasalahan dan tantangan yang sedang kita hadapi dalam hidup kita. Sebagai gembala yang baik, yang mengenal setiap kita, Tuhan Yesus tidak akan membiarkan kita menghadapi masalah dan tantangan seorang diri. Dia pasti memberikan jalan keluar dan menolong kita untuk dapat menang dari setiap masalah dan tantangan yang sedang kita hadapi.

Renungan dan Penerapan

  1. Mengapa orang percaya dapat mengalami kemenangan dalam setiap masalah dan tantangan yang dihadapinya?
  2. Menurut Anda, apa menjadi dasar bagi setiap orang percaya untuk tidak perlu ragu dan takut saat datang kepada-Nya?

Pokok-pokok Doa

  1. Bersyukur kepada Tuhan Yesus, gembala yang baik, yang mengenal Anda secara pribadi karena Anda berharga di mata-Nya.
  2. Mohon pertolongan Roh Kudus agar Anda dengan kerendahan hati dapat mempercayakan hidup Anda kepada Allah yang mengenal dan mengasihi Anda.

 

Ir. Yusak Toto

Share this entry
Open chat
MDC School

FREE
VIEW