Memiliki Tetapi Tidak Mengetahui

William Randolph Hearst , pemilik Hearst Castle yang terkenal di California Amerika Setikat adalah seorang pengusaha kaya raya penerbit banyak surat kabar kenamaan pada zamannya. Suatu saat ia membaca ulasan tentang sebuah lukisan . Selesai membacanya ia menjadi sangat ingin memiliki lukisan tersebut dan mengutus orang-orangnya untuk mencari lukisan ini dan membelinya. Tetapi setelah berusaha mencari kemana-mana mereka tidak dapat menemukannya . Setahun kemudian, tiba-tiba, salah satu pegawainya mendatanginya dan mengatakan kepadanya bahwa lukisan itu akhirnya ditemukan. Mendengar itu dengan gembira ia bertanya di mana dia berhasil menemukannya. Karyawannya berkata, “Lukisan itu ada di gudang bawah tanah Anda. Anda sudah memilikinya sejak bertahun-tahun. ” Rupanya Mr. Hearst sekalipun memiliki banyak harta kekayaan, ia sendiri tidak pernah tahu apa saja kekayaan yang dimilikinya sehingga ia masih berusaha mencari apa yang sebetulnya sudah menjadi miliknya sejak lama.

Banyak orang percaya menjalankan hidup mereka dengan tidak sepenuhnya memahami berkat apa saja yang tersedia bagi mereka di dalam Kristus. Salah satu berkat besar yang perlu kita pahami ialah bahwa Dia Tuhan merupakan pribadi yang tidak dapat menyangkal diri-Nya. Ia tidak seperti manusia yang mudah menyangkal dan berdusta. Oleh karenanya maka kasih setia-Nya kekal selamanya, janji-Nya tidak akan pernah berubah.

Alkitab mengatakan bahwa: Untuk selama-lamanya, ya TUHAN, firman-Mu tetap teguh di sorga. Kesetiaan-Mu dari keturunan ke keturunan; Engkau menegakkan bumi, sehingga tetap ada (Mazmur 119:89-90). Janji Firman Tuhan tetap teguh tidak berubah. Kesetiaan Tuhan tetap kekal selamanya. Apapun yang terjadi dalam hidup kita, janji-Nya tidak akan pernah berubah, kasih setiaNya selama-lamanya. Karena itu di dalam Dia kita aman dan kokoh, sebab Ia Tuhan yang dapat dipercaya dan diandalkan selama-lamanya.

Renungan dan Penerapan

  1. Tahukah saudara berkat apa saja yang ada di dalam Kristus bagi setiap orang yang percaya kepada-Nya?
  2. Mengapa kasih setia-Nya dan janji-Nya yang tidak akan berubah selama- lamanya merupakan berkat besar bagi kita yang percaya?

Pokok-pokok Doa

  1. Bersyukurlah kepada Tuhan yang kasih setia-Nya dan janji-Nya kepada kita tidak berubah selamanya.
  2. Berdoalah kepada Tuhan agar Roh Kudus senantiasa menolong kita untuk menyadari janji dan kesetiaan-Nya yang tidak akan pernah berubah, kekal selamanya.

 

Petrus Nawawi, M.A.