,

Kontes Berbahasa – Speak Up Competition 2020 ” Pemimpin Inspirasiku”

Diadakan di Lobby depan wing SMA pada tanggal 17-27 Februari 2020 pada saat recess dan lunch di hadapan para guru dan siswa-siswi SMA Masa Depan Cerah Surabaya.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi dari Personal Development Program dengan Bahasa Indonesia bagi kelas 11 dan bertujuan agar para siswa dapat memiliki tokoh pemimpin yang menginspirasi diri secara pribadi dengan menggali setiap informasi yang ada dari tokoh tersebut meliputi :

  1. Profil dari Tokoh
  2. Sharing nilai-nilai kehidupan yang ada dalam tokoh tersebut
  3. Hal apa saja yang telah memiliki dampak positif bagi masyarakat secara umum, khususnya bagi presenter
  4. Alasan memilih profesi bagi tokoh yang bersangkutan
  5. Ajakan untuk dapat melakukan hal-hal baik yang dapat membangun orang lain

Nah, menariknya speak up kali ini bahwa setiap peserta wajib bergaya, berbusana, dan penyampaian pesan sesuai dengan tokoh yang menginspirasinya (cost play). Adapun beberapa tokoh yang diperankan adalah : Jokowi, Ahok, Susi Pujiastuti, Sri Mulyani, Thomas Alfa Edison, Atta Halilintar, Putri Tanjung, Christiano Ronaldo, Marcus Reus, Ganjar Pranowo, Angelina Jolie, Keanu Reeves dan tokoh yang lainnya. Yang menarik ada salah satu siswa, Christian Yohanes 11IPA1 yang terinspirasi oleh guru sejarah yaitu Mr. Johan Tanama. Terkait karena sama-sama penggemar Liverpool klub sepakbola dari Inggris, juga siswa yang bersangkutan sangat menyukai pelajaran sejarah dan juga guru tersebut memiliki karakter yang baik. Suasana meriah dan penuh perhatian di tiap kali sesi speak up diadakan, tiap penonton sangat antusias dalam memperhatikan setiap informasi dari presenter yang ada. Adapun juri yang menilai adalah Mr. Ardian (Bahasa Indonesia) dan Mr. Tri Setyanto (Pedevpro), hasil dari penilaian kegiatan speak up ini akan digunakan sebagai nilai PTS Bahasa Indonesia. Maka dari itu yak jarang ada banyak peserta yang tidak mau biasa-biasa dalam menyiapkan materi dan kostum seperti yang diperankan oleh Joellyn Sibagariang siswa kelas 11 IPA1 yang memilih Lady Gaga menjadi tokoh yang menginspirasi dalam hidupnya, “Totalitas, all out. Ada hal baik juga yang bisa saya pelajari dari tokoh Lady Gaga. Perjuangannya saat bangkit dari keterpurukan selama ini berbuah hasil yang baik” demikian tuturnya.

Tri Setyanto (Pengajar Pedevpro11).