,

International Basketball Friendly Match

Pada tanggal 16 September 2015 di dalam rangkaian kegiatan International Exposure Program (IEP 2015), SMA Masa Depan Cerah Surabaya berkunjung ke SP Jain Global Management University di Singapore. Di sana diadakan pertandingan persahabatan basket. Pertandingan berlangsung dengan sengit antara SP Jain University dengan MDC Senior High School sangat menggugah perhatian para penonton yang hadir di lapangan basket SP Jain University. Pertandingan ini dilaksanakan untuk menjalin hubungan antara SP Jain dan MDC beserta para pemain-pemainnya. Pemain-pemain dari MDC School adalah Standy Tjandra, Billy Ciang, Alvin Surianto, Giovanni Lemuel, Clyde Morita, Michael Djurijanto, Joy Yehuda, Yoel Fernando. para pemain dari MDC ini adalah murid kelas 11 sedangkan para pemain dari SP Jain adalah mahasiswa tahun kedua keatas. Pertandingan ini dimainkan dengan aturan main 4 babak x 10 menit dan hanya 4 pemain dari setiap tim yang bermain di setiap babak.
 


 
Pertandingan pertama dimainkan oleh Standy, Billy, Jovan, dan Yoel, melawan pemain kelompok pertama dari SP Jain. Di awal pertandingan, SP Jain membobolkan satu bola masuk ke ring MDC, para pendukung SP Jain pun mulai bersorak-sorai dan para pendukung MDC pun terlihat agak kecewa. Setelah mereka membobolkan 2 poin, MDC pun tidak mau kalah, salah satu pemain MDC, Yoel, ikut memasukan bola ke ring sehingga skor pun imbang untuk sementara. Babak pertama pun di akhiri dengan skor imbang yaitu 25-25. Ada satu orang pemain dari SP Jain itu terlihat sangat agresif dan tidak terima akan kehebatan para pemain MDC yang dapat menyamai skor mereka.
 
Di pertandingan yang kedua, dari pemain MDC yang bermain adalah Clyde, Michael Dj, Alvin dan Joy. SP Jain pun mengganti para pemainnya, yang salah satunya adalah orang barat. Di pertengahan pertandingan, Clyde pun terlihat tidak disukai oleh orang barat ini sehingga mereka terlihat agak kasar dalam bermain. Mulai dari rampas-merampas bola, dan juga Clyde yang sempat didorong oleh orang barat itu karena orang barat tersebut tidak terima bahwa Clyde dapat mendapatkan bola hasil umpan dari salah satu pemain SP Jain. Skor sementara pun mencapai 38-36 dengan keunggulan milik SP Jain. Pertandingan semakin panas dan sudah mendekati akhir babak kedua, tetapi MDC masih diposisi kalah. Pertandingan ini akhirnya diakhiri dengan countdown dari para penonton. Alvin pun dengan sangat tak terduga telah memosisikan bola dari three point area untuk di shoot dan tidak ada tim lawan yang menghalanginya juga karena tim lawan berpikir bahwa tembakan 3 poin itu tidak akan masuk karena pertandingan sudah mencapai detik-detik terakhir. Dan pada saat countdown3…2…” Alvin pun mulai menembakan bola ke ring dan “1…” pas sekali bola tersebut masuk ke ring dengan sangat mulus tepat saat buzzer beater dibunyikan “…tettt…”, sebagai tanda berakhirnya pertandingan kedua. Pertandingan pun diakhiri dengan skor sementara 38-39.
 

 
Babak ketiga pun dimulai dengan pemain MDC yang sama dengan babak pertama. Pertandingan pun berjalan dengan lancar dan keunggulan pun masih beraada dipihak MDC. Skor pun semakin lama semakin meningkat dan tim SP Jain sudah mulai bermain dengan emosi dan dengan pelanggaran-pelanggaran yang banyak, sampai-sampai pemain MDC yang bernama Billy pun terluka tangannya akibat salah satu pemain dari tim lawan. Para pemain SP Jain pun berlomba-lomba untuk memasukkan bola dari three point area, agar dapat secara cepat menaikkan skor mereka sehingga dapat mengejar ketinggalan yang sudah cukup jauh. Babak ketiga pun berahir dengan skor yang terlampau jauh antara SP Jain University dengan MDC Senior High School.
 
Di babak keempat ini, salah satu pemain MDC yaitu Michael Dj harus digantikan oleh Standy yang merupakan salah satu pemain inti dari tim MDC, dikarenakan Michael harus membantu Billy yang sedang cidera. Permainan babak keempat ini pun semakin seru karena kemarahan salah satu pemain tim lawan yang terlihat sangat tidak terima dengan kekalahannya melawan MDC Senior High School. Pemain dari MDC pun juga mulai terlihat meremehkan pertandingan karena skor pun sudah terlampau lumayan jauh. Hingga akhirnya tim lawan menembakkan satu bola terakhirnya dan masuk sehingga skor mereka pun bertambah. Tetapi MDC kali ini juga tidak mau kalah, pertandingan ini akhirnya diakhiri dengan tembakan 2 poin milik Clyde yang akhirnya masuk, dan beberapa detik kemudian waktu pun habis dan berakhirlah pertandingan MDC Senior High School Vs SP Jain University ini dengan skor akhir 81-59 dengan kemenangan milik Masa Depan Cerah School. Congratulation MDC Basket Team.
 
*Jennifer Tandiono (Head of MDC Journalists 2015/2016)