,

Kegiatan Home learning Communicating Making Money Program Grade 10

Pada minggu pertama di bulan Mei 2020, siswa kelas 10 IPA dan IPS SMA Masa Depan Cerah melaksanakan Kegiatan Communicating Making Money Program melalui Zoom Meeting Conference. Walaupun masih berada dalam masa home learning karena adanya pandemic Covid19, program communicating ini tetap bisa dilaksanakan oleh siswa. Pada kesempatan communicating kali ini, ada dua juri dari alumni yang diundang yaitu Diva Siauw 2019 (NAFA Singapore) dan Catherine Juliano alumni 2020 (calon mahasiswa SHANTEC Singapore). Keduanya adalah alumni SMA MDC yang juga pernah menjadi juara 1 dari kegiatan making money program beberapa tahun yang lalu. Kedua juri menilai beberapa kriteria penilaian diantaranya : kerjasama tim, komunikasi tim, menariknya presentasi, kejelasan materi dan kemampuan menjawab pertanyaan. 

Dari penilaian yang telah dilakukan oleh kedua juri tersebut, dan juga penilaian dari pembimbing kelas Personal Development Program yaitu Mr. Tri Setyanto, S.Pd telah didapatkan dua pemenang yaitu :

 

Juara 1 : Tim Hunger Fuel yang diketuai oleh Michelle Felicia Gee (10 IPA2)

Juara 2 : Tim Kitchenine yang diketuai Jezelin Richel (10 IPS2)

 

Pemenang dari kegiatan ini, masing-masing anggota kelompok mendapatkan voucher nilai dari sekolah. Juara 1 mendapatkan 5 poin dan juara 2 mendapatkan 2 poin yang dapat digunakan untuk menambah nilai mereka dalam penugasan dan evaluasi pembelajaran di sekolah.

 

Dari Kegiatan Making Money Program ini para siswa mendapatkan banyak pengalaman diantaranya :

  1. Jezelin Richel (10 IPS1) : Tim Kitchenine

Hal yang saya pelajari selama Making Money Project adalah bagaimana cara berbisnis, di dalam proses belajar bagaimana cara berbisnis saya juga belajar banayk hal, yang pertama bagaimana saya sebagai ketua bisa belajar membuat keputusan yang adil, meskipun di kelompok saya sering terjadi perselisihan namun dari situlah kami semua dapat belajar saling mengerti dan memahami satu dengan lainnya. Yang kedua saya belajar bertanggung jawab, untuk mengurus produk yang akan dijual. Kemudian saya juga belajar kerjasama dalam kelompok dan juga mengatur anggota kelompok meskipun bisa dikatakan tidak gampang mengurus kelompok, tapi dari making money project ini saya belajar mengatur kelompok meskipun belum sempurna (belum bisa mengontrol emosi).

 

  1. Naomi Regina Alim (10 IPS2) : Tim Ambrozia

Hal yang dapat saya pelajari adalah ; Komunikasi antara sesame orang adalah faktor yang penting dan dapat membuat perbedaan besar dalam sebuah proyek seperti ini. Kita harus berterima kasih dan bersyukur kepada orang yang telah berusaha untuk melakukan proyek seperti ini, karena ternyata, melakukan hal seperti ini adalah hal yang tidak gampang.

 

  1. Devina Stephanie Selamat (10 IPA1) : Tim Yumme

Yang dipelajari dari making money saya belajar bahwa kalau di kelompok harus dengan aktif dan inisiatif meminta tugas, dan jika berkelompok artinya saling support dan masih bekerja sama sampai akhir (jadi bukan selesai tugas terus dadaaah).

 

  1. Michelle Felicia Gee (10 IPA2) : Tim Hunger Fuel

Dari Making Money ini saya belajar bahwa dunia entrepreneur tidak mudah, harus dapat mengeluarkan ide yang out of the box untuk bertanding karena produk yang unik akan selalu lebih dilihat.

 

                Yang menarik dari kegiatan Making Money ini, ada salah satu kelompok yaitu Tim Hunger Fuel yang mengumpulkan dana dari keuntungan mereka sebesar 15% untuk didonasikan kepada kitabisa.com untuk mendukung kegiatan sosial dalam mengatasi penyebaran virus corona ini. “Kami sekelompok berinisitiatif untuk memberikan sumbangan dana sebesar 15% dari hasil yang kami dapatkan dalam kegiatan Making Money program ini untuk membantu kegiatan sosial sebagai dampak penyebaran virus corona, semoga ini bias menjadi dampak dan berkat bagi yang membutuhkan”, demikian kata Michelle Felicia Gee dan Phylea Holy saat kegiatan communicating yang lalu.

 

                Perlunya empati dan rasa sukacita dalam belajar melalui home learning benar-benar diterapkan oleh para siswa kelas 10 ini. Semoga setiap mereka dapat senantiasa semangat dan meraih hasil yang terbaik dalam belajar di rumah.

Penulis : Tri Setyanto, S.Pd (Fasilitator Pedevpro)