MPLS adalah kepanjangan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Masa dimana siswa baru diajak untuk mengetahui segala sesuatu tentang sekolah baru mereka. MPLS tahun ajaran 2018/2019 ini dilaksanakan pada hari Senin, 16 Juli 2018 sampai Kamis, 19 Juli 2018, untuk hari Senin – Rabu dilaksanakan di Sasana Krida Jatijejer, Trawas, sedangkan hari Kamis dilaksanakan di sekolah SMA Kr. MDC Surabaya. Kegiatan ini dikelola oleh guru-guru SMA Kr. MDC sendiri sebagai panitia dan dibantu oleh OSIS, sebagai kakak pendamping kelompok dan membantu berjalannya acara sesuai yang telah direncanakan.

            Sasaran dari kegiatan MPLS ini adalah semua siswa baru (kelas X), akan tetapi untuk tahun ini ada juga siswa kelas XI dan kelas XII yang mengikuti MPLS, dikarenakan mereka memang belum mengikuti MPLS pada saat kelas X, dan ada yang karena mereka adalah siswa mutasi, sehingga harus mengikuti MPLS tahun ini, karena MPLS adalah program wajib sekolah dan merupakan salah satu syarat kelulusan dari sekolah. Panitia MPLS tahun ini terdiri dari 19 guru dan 20 siswa OSIS. MPLS tahun ini diikuti olehe seluruh siswa kelas X yang baru, tidak ada yang tidak mengikuti, kami sangat menghargai kerjasama dari orang tua dan antusiasme dari para peserta yang tidak ingin menunda-nunda dalam mengikuti kegiatan MPLS ini. Kami para panitia pun juga tidak kalah antusias untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan MPLS, karena harapan kami semua adalah MPLS dapat berjalan dengan baik, lancar dan para siswa memdapatkan sesuatu yang berharga selama mengikuti kegiatan sehingga dapat menjadi bekal mereka untuk menjalani kehidupan mereka.

            Acara MPLS tahun ini berjalan dengan baik dan lancar. Saat keberangkatan kami berangkat dengan menggunakan truk TNI AL sebanyak 5 truk dengan total peserta MPLS 101 siswa yang terdiri dari : 87 siswa kelas X, 9 siswa kelas XI dan 5 siswa kelas XII. Dari 101 siswa tersebut terbagi menjadi 10 kelompok, untuk tahun ini nama-nama kelompok dengan tema pahlawan-pahlawan superhero yang ada dalam film avengers, sehingga ada kelompok dengan nama Thor, Ironman, Black Panther, Vision, Captain America dan masih banyak lagi. Harapannya supaya kelompok mereka dapat sekuat dan setangguh pahlawan-pahlawan superhero yang mereka pilih. Pada acara MPLS tahun ini juga terdiri dari empat sessi yang terdiri dari “ Self Image, Self Healing, Goal Setting dan Practice Makes Perfect ”. Para pembicara yang membawakan setiap sessi adalah orang-orang yang memang sudah ahli dalam bidangnya. Kami juga mengadakan sessi “ Sharing Alumni”, jadi pada saat sessi ini kami mengundang alumni diantaranya : Emmanuel Abraham PKD, Eunike Naira Tiatira PKD, Gabriella Angie, dan Adrian Nathanael untuk menceritakan pengalaman-pengalaman yang berkesan dan kami berharap para siswa baru dapat termotivasi untuk menjalani masa-masa SMA dengan baik, antusias dan berprestasi, tidak hanya menjalaninya secara biasa, tetapi mereka mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan menemukan potensi yang ada pada diri mereka masing-masing.

            Pada hari terakhir di Sasana Krida Jatijejer para siswa juga diajak untuk mengikuti kegiatan outbond. Para siswa sangat antusias dalam mengikuti outbond, walaupun pakaian, badan dan sepatu mereka sudah basah dan kotor, mereka tetap antusias untuk menyelesaikan permainan sampai pos terakhir. Rasa lelah dan senang bercampur menjadi satu dalam raut wajah mereka dan rasa puas pun juga muncul saat mereka berhasil menyelesaikan setiap pos dengan semaksimal mungkin. MPLS tahun ini, kami memberikan reward untuk siswa-siswa yang mampu menunjukkan karakter yang menjadi andalan sekolah kami yaitu : care, respect, reponsibility, dan spirit of excellent. Kami tidak memberitahukan diawal jika akan ada reward untuk karakter-karakter tersebut, sehingga pada saat kami umumkan banyak siswa yang terkejut bahwa dirinya berhak mendapatkan reward tersebut. Acara pada saat di sekolah pun diisi dengan seminar penjurusan, penjelasan SPS, penjelasan Kurikulum dan pengenalan guru serta wali kelas. Puji Tuhan semua acara MPLS tahun ini berjalan dengan baik dan lancar.

Koresponden : Laurentzia Gama Kistanti, S.Pd

Liputan & Editor : Tri Setyanto, S.Pd

Fotografer : Fenansius Klau Nahak, S.Pd & Margareth Ayu Anggraeni S.Sos., M.Agr.

Share this entry