,

Thanksgiving Night: The Fantastic Cindelaras

Semenjak dahulu, cerita rakyat Indonesia dikenal mampu mengirimkan sinyal inspiratif bagi berbagai kalangan, termasuk di antaranya bagi anak-anak dari berbagai kalangan usia. Salah satu dari cerita rakyat yang sangat melegenda adalah kisah tentang Cindelaras. Cindelaras adalah sebuah cerita rakyat yang dikenal menawarkan nilai moral positif, kebajikan, dan rekonsiliasi di dalam sebuah keluarga. Berangkat dari hal-hal tersebut, Sekolah Dasar Kristen Masa Depan Cerah Surabaya mengangkat cerita Cindelaras sebagai tema utama acara Thanksgiving tahun ini. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2014 dan mengambil tempat di Zhang Palace Surabaya.
 

 
Melibatkan lebih dari 300 siswa, dan juga guru-guru di bawah bimbingan belasan instruktur  profesional yang mumpuni, pagelaran seni budaya Cindelaras mampu mensinergikan tarian etnis khas Indonesia dalam balutan kostum warna-warni yang atraktif. Tak dapat disangkal bahwa Cindelaras merupakan pagelaran seni budaya terbesar yang pernah diadakan oleh sekolah kita.
 

 
Banyak kesan positif yang muncul pasca pagelaran seni budaya Cindelaras ini. Salah satunya adalah para siswa SD Kristen Masa Depan Cerah semakin mengenal cerita rakyat asli Indonesia beserta dengan budaya khas daerah yang turut menyertainya. Di samping itu, para siswa juga belajar untuk menggali nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam cerita rakyat tersebut. Ke depannya kita semua berharap agar acara-acara semacam ini dapat lebih sering ditampilkan agar pengenalan terhadap seni budaya asli bangsa kita dapat terus dikembangkan.