,

Talkshow Cyber Crime MDC School 2016

Pada hari Senin, 13 Juni 2016 di Ruang Media SMA Kristen Masa Depan Cerah Surabaya diadakan kegiatan Talkshow tentang Cyber Crime. Adapun latar belakang kegiatan ini adalah berkaitan dengan pentingnya para siswa-siswi untuk mengetahui berbagai macam informasi tentang penggunaan gadget, computer dan dunia internet secara bijaksana sehingga mereka dapat menggunakannya secara tepat dan benar dan tidak menjadi pelaku ataupun korban dari Cyber Crime ini.
Pembicara pada talkshow Cyber Crime kali ini adalah Bp. Joni Hermanto, S.Kom dari Fakultas Teknik Informatika iSTTS Surabaya dan Ibu Sari Mandiana, M.H dari Fakultas Hukum UPH Surabaya. 
Ibu Sari Mandiana, M.H dari UPH Surabaya menyampaikan beberapa jawaban dari pertanyaan diantaranya :
a.        Apakah definisi yang tepat dari Cyber Crime secara hukum, supaya tidak menimbulkan perbedaan persepsi tentang hal ini?
b.       Apa saja yang dikategorikan dalam Cyber Crime?
c.        Apa saja konsekuensi  bagi pelanggar dalam penyalahgunaan media di internet?
d.       Sudah efektifkah undang-undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) yang diberlakukan di Indonesia?
e.        Hal apa saja yang harus dilakukan agar generasi muda tidak terlibat baik sebagai pelaku maupun korban dari tindakan Cyber Crime?
 

Sedangkan Bp. Joni memaparkan beberapa informasi dari beberapa pertanyaan yaitu :
a.     Apa yang mendasari seseorang menggunakan media internet terutama media sosial untuk melakukan kejahatan melalui dunia internet dari sudut pandang teknologi?
b.     Apa saja program di dalam media computer di dunia internet yang bisa dijadikan alat untuk melakukan hal-hal negatif (bullying, pencemaran nama baik, perampokan dan lain-lain) agar para siswa tidak menyalahgunakannya?
c.      Apa saja dampak adanya Cyber Crime bagi generasi muda Bangsa Indonesia?
Pada pelaksanaannya, talkshow berjalan dengan baik. Talkshow dikemas secara menarik dan tidak membosankan. Dikarenakan pada pelaksanaan kegiatannya, dipenuhi dengan canda tawa yang menghibur oleh MC yang lucu dari MDC School yaitu Mr. Caesar Riza Rahardian, S.Hum (guru Bahasa Indonesia). Ditambah lagi dengan penyampaian pembicaranya yang berimbang dalam menjawab serta memaparkan materi dengan sangat bisa dipahami dan dimengerti pesertanya.
 
Dalam sesi pertanyaan, ada banyak siswa-siswi yang menanyakan perihal keamanan menggunakan ATM, Kartu Kredit, Login melalui handphone, Facebook dan penggunaan password dalam internet. Ada dua peserta terbaik yang dipilih oleh pembicara yaitu : Marco Mario dan Joshua KPP keduanya siswa kelas 10. Mereka dipilih karena attentivenes, pertanyaan yang sangat bagus serta pemaparan pendapat yang lugas.
 

Diharapkan dari talkshow ini para siswa-sisiwi dapat dengan bijak menyikapi perkembangan teknologi sehingga tidak menjadi pelaku maupun korban dari Cyber Crime.
 
Berita oleh : Tri Setyanto, S.Pd (Guru BK)
Foto oleh : David Hosea (MDC Journalist)