,

Study Tour Kelas 1 SD MDC: Mengenal Profesi

Siswa kelas 1 SD MDC mengadakan study tour atau pembelajaran luar kelas di dua lokasi yang berbeda, yaitu Taman Bungkul dan Rumah Makan Sriwedari, pada hari Rabu, 2 April 2014. Topik yang dipelajari oleh siswa dalam study tour kali ini adalah profesi atau jenis pekerjaan. Dalam pembelajaran yang dilakukan, siswa akan mewawancarai beberapa orang yang memiliki berbagai macam profesi berkaitan dengan tugas dan tanggung jawabnya.

Lokasi yang pertama dituju adalah Taman Bungkul. Setibanya di sana, siswa berkumpul di dekat area bermain skateboard. Di tempat tersebut sudah menunggu beberapa orang yang tidak lain adalah petugas di Taman Bungkul. Profesi mereka adalah tenaga sekuriti dan petugas kebersihan dari dinas kota Surabaya. Tidak menunggu lama, mereka menyapa setiap siswa yang hadir dan kemudian menjelaskan tugas serta tanggung jawab mereka masing-masing. Selama penjelasan tersebut, siswa bebas untuk bertanya untuk mempejelas pemahaman terhadap profesi dari narasumber yang hadir. Sambil mendengarkan, siswa mencatat setiap penjelasan dan jawaban dalam lembar kerja siswa. Selesai bertanya jawab dengan beberapa petugas di sana yang menjadi narasumber, siswa berkesempatan untuk menikmati fasilitas bermain yang ada di Taman Bungkul tersebut. Dengan penuh keceriaan, mereka bermain dengan peralatan yang ada di sans selama kurang lebih 30 menit.

Selepas dari Taman Bungkul, rombongan siswa kelas 3 SD MDC bertolak ke Rumah Makan Srowedari yang  berlokasi di Ruko Klampis. Di rumah makan yang menyajikan masakan tradisional tersebut, siswa juga bertanya jawab dengan pemilik rumah makan dan beberapa pegawai yang ada di sana. Dalam tanya jawab tersebut, siswa menjadi jelas pemahamannya terhadap profesi yang berkaitan dengan rumah makan, seperti petugas kasir, pramusaji, juga koki, dan bahkan pengelola resto itu sendiri.

Berbekal pengetahuan tentang tugas dan tanggung jawab profesi yang telah didapatkan, siswa dapat membayangkan tentang jenis pekerjaan secara nyata. Bukan hanya itu, siswa juga dapat membayangkan profesi apa yang akan mereka tekuni kelak ketika dewasa. Apapun profesi yang diambil, tujuan utamanya adalah untuk mempermuliakan nama Tuhan. (By:  Joseph-SD MDC)