,

Study Tour Grade 5-6 SD MDC: Save Our Nature

Kegiatan study tour kelas 5-6 tahun ajaran 2015-2016 yang berlangsung di bulan September memiliki tema yang sama yaitu Kepedulian terhadap Lingkungan dengan fokus yang berbeda. Kelas 6 lebih berfokus pada keseimbangan ekosistem dan menciptakan lingkungan yang bersih, sedangkan kelas 5 berfokus pada penjernihan air.
Pelaksanaan study tour dibagi menjadi 2 bagian.
 


 
1. Studi Tur di dalam kota Surabaya ( Jumat, 4 September 2015)
Di studi tur ini siswa mengamati kerusakan lingkungan dan pencemaran air yang terjadi di kota Surabaya. Untuk itu siswa diajak untuk melakukan pengamatan di Kali Mas dan sekitar Taman Prestasi. Pertama dari sekolah siswa menuju ke daerah Petekan (sekitar Jembatan Merah) dan berhenti sebentar untuk melihat langsung pencemaran Kali Mas oleh manusia. Siswa mengamati bagaimana sampah dan limbah membuat sungai menjadi kotor dan berbau tidak sedap. Dari sana kemudian rombongan menuju ke Taman Prestasi. Di taman prestasi siswa bisa melihat Kali Mas lebih dekat dengan fasilitas perahu yang disediakan dinas pariwisata. Sambil mengarungi Kali Mas di atas perahu siswa mengamati bagaimana masyarakat sekitar terkadang masih membuang sampah ke sungai, walaupun sudah ada tanda dilarang mebuang sampah ke sungai. Setelah makan siang dan beristirahat sejenak, seluruh siswa dan guru kembali ke sekolah.
 

 
2. Studi Tur di Majapahit Agro Lestari (MAL) Pacet.
Studi tur utama adalah di MAL yaitu selama 3 hari dan 2 malam. Selama di MAL siswa belajar banyak tentang lingkungan melalui program seperti Vertikal Garden, Ekosistem Sungai, Ekosistem Hutan & Reboisasi dan Penjernihan Air. Siswa juga belajar untuk bersosialisasi dengan penduduk Desa Galenglo dengan cara mengikuti penduduk desa selama setengah hari dan mengamati kehidupan sehari-hari dan pekerjaan penduduk seperti bertani atau berkebun. Kegiatan siswa lainya adalah seperti fun games dan flying fox. Di kegiatan flying fox Beberapa siswa yang takut ketinggian akhirnya berhasil mengalahkan ketakutannya tersebut dan meluncur di flying fox. Siswa-siswa tersebut menjadi berani Karena mendapatkan dukungan dan semangat dari teman-temannya yang terus meneriakkan kata-kata “ayo! Kamu pasti bisa!”, “jangan takut, kamu pasti baik-baik saja!” dan kalimat-kalimat pemberi semangat lainya.
 

 
Selama 3 hari tersebut siswa semakin belajar bagaimana menjadi pemimpin yang baik dan berpartisipasi aktif untuk kesuksesan kelompok. Siswa belajar untuk mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadinya. Karena jika satu siswa melakukan pelanggaran maka satu kelompok juga akan menanggung akibatnya. Siswa juga belajar untuk disiplin waktu, merapikan barang-barangnya dan bertanggung jawab terhadap ruangan dan fasilitas yang digunakan di MAL seperti tempat tidur, piring makan dan gelas.
 

 
Saat keberangkatan tidak ada masalah. Siswa berangkat dari Surabaya tepat waktu (pukul 07.00) dan sampai di MAL juga tepat waktu. Untuk keberangkatan para guru diminta untuk sudah berada di sekolah pukul 06.00 karena siswa wajib hadir pukul 06.30. Tetapi saat pulang dari MAL terjadi keterlambatan. Harusnya seluruh rombongan sampai pukul 17.00 tetapi Karena adanya kecelakaan di jalan yang dilalui sehingga menimbulkan kemacetan, maka seluruh rombongan baru sampai di Surabaya pukul 18.30.
Berikut daftar nama siswa yang menerima penghargaan berdasarkan penilaian seluruh guru pendamping studi tur:
The Best Leader : Alel
The Most Responsible : Gaby Kezia
The Friendliest : Kenneth Wilbert
The Toughest : Agnes F
The Most Helpful : Nadia
The Most Enthusiast : Kevin Nathanael
The Best Group : Grup 4 (Leader: Vincent, Anggota: Dave, Devina, Aurel, Wen2,
Valter, Jairo, Denise, Roand)
Hadiah Hiburan : Mark & Nathan Darrel
 
Terlepas dari kesulitan yang ada, seluruh rangkaian kegiatan Study Tour kelas 5-6 berjalan dengan lancar dan tidak kekurangan suatu apapun. Demikian aporan ini dibuat untuk menjadi masukan di kegiatan studi tur ke depan. Terima kasih. Tuhan Yesus Memberkati.
 
(By: Moresta Virgorini – MDC Elementary Teacher)