,

Study Tour Grade 4 SD MDC at Bhakti Alam

“Study tour kali ini kita akan pergi ke mana, Ma’am?”

“Aku akan izin papaku untuk pakai mobilnya, ya, Ma’am?”

“Ma’am boleh tidak aku bawa uang lebih dari Rp50.000,00?”

… dan puluhan pertanyaan lain yang seakan tidak ada habisnya, terlontar keluar dari mulut anak-anak yang begitu antusias untuk mengikuti study tour.
 

 
Dua minggu masa penantian, akhirnya seluruh murid kelas 4 pergi menuju Bhakti Alam yang terletak di Nongkojajar, Kabupaten Pasuruan. Mengingat lokasinya agak jauh di luar kota, maka pukul 07.00 tepat kami sudah harus meninggalkan Surabaya. Dua jam kemudian, tibalah sembilan mobil rombongan MDC di Bhakti Alam. Kakak-pemandu sudah siap menyambut dan segera mengajak kami berkeliling.
 

 
Tempat pertama yang kami tuju adalah kebun kelengkeng. Tapi, murid-murid belajar tentang perkembangbiakan tumbuhan mangga dengan cara okulasi. Siswa pun diberi kesempatan mempraktikkannya dan diperbolehkan membawa pulang hasilnya. Usai belajar okulasi, siswa naik kereta kelinci menuju tempat pemerahan dan pengolahan susu sapi. Siswa mendapat penjelasan tentang pasteurisasi susu sapi. Keluar dari laboratorium pasteurisasi, setiap anak mendapatkan segelas susu sapi dan diberi kesempatan untuk membeli aneka produk olahan dari susu sapi. Area ketiga yang harus dikunjungi adalah tempat pembuatan bahan bakar biogas dan dilanjutkan menuju ke kebun melon golden. Siswa-siswa sangat menikmatinya.
 

 
Ketika waktu sudah menunjukkan pukul 12.00, maka kami kembali naik kereta kelinci menuju kantin untuk makan siang bersama. Setelah beristirahat sejenak, kami foto bersama dan langsung melanjutkan perjalanan kembali ke sekolah. Pengalaman study tour selalu menyenangkan dan dinantikan oleh siswa-siswa. Sampai bertemu di study tour semester berikutnya. (dee)