,

Study Tour Grade 4 Elementary Students at PT. Otsuka Indonesia

Selama beberapa kali saya menyusun Buku Tahunan, komentar terbanyak dari siswa tentang apa yang paling mereka sukai selama sekolah di SDKr. MDC adalah tentang study tournya. Study tour di SDKr. MDC sangat ditunggu oleh semua siswa. Guru-guru yang bekerja dalam tim selalu berusaha mencari sesuatu yang berbeda ketika memilih lokasi study tour.
 


 
Semester dua tahun 2015 ini, kelas 4 mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi salah satu pabrik yang dikenal bersih dan ramah lingkungan, yaitu PT Otsuka Indonesia yang memproduksi minuman Pocari Sweat dan snack ringan Soyjoy. Pagi hari pukul 06.30 siswa sudah berkumpul di sekolah yang siap berangkat dalam rombongan 1 bus yang disediakan oleh PT Otsuka Indonesia dan 6 mobil yang disediakan oleh orangtua.
 

 
Tiba di lokasi semua rombongan terpukau dengan fasilitas yang ada di PT Otsuka Indonesia. Semua begitu bersih dan rapi. Siswa diminta masuk ke dalam ruang pertemuan dan sebelumnya mereka diberi kesempatan untuk mengambil sebotol Pocari Sweat dari mesin minuman yang didatangkan langsung dari Jepang. Setelah puas minum, mereka mendengarkan penjelasan dari pihak PT Otsuka Indonesia tentang cara pembuatan botol, minuman Pocari Sweat, serta kandungan penting di dalamnya. Usai penjelasan, kami diizinkan melihat proses pembuatan Pocari melalui koridor yang dibatasi dengan dinding kaca. Kami berdecak kagum dengan proses pembuatan yang dilakukan dengan mesin-mesin canggih.
 

 
Tepat pukul 11.00 kami berpamitan dan setiap pengunjung mendapatkan satu goody bag yang berisi 3 botol Pocari Sweat, Soyjoy, dan stiker. Siswa juga diperbolehkan untuk membeli merchandise PT Otsuka Indonesia sebagai kenang-kenangan. Menuju Surabaya, rombongan mampir ke Taman Dayu untuk makan siang di sana. Tepat pukul 14.30 rombongan kelas 4 SDKr. MDC tiba di Surabaya dengan selamat. Tahun depan, siswa harus mempersiapkan dir mengikuti study tour yang lebih menantang.
 

 
Written by: