,

Study Tour Grade 4 at PT. Sinar SOSRO-Mojokerto

Rangkaian study tour siswa-siswi SD MDC berlanjut dengan diadakannya kunjungan studi oleh siswa kelas 4 ke pabrik PT Sinar SOSRO yang sudah terkenal dengan berbagai produk minumannya. Pabrik yang dikunjungi berlokasi di Mojokerto dan membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan bis yang disediakan oleh PT. SOSRO. Sesampainya di pabrik SOSRO, setiap siswa diajak untuk melihat ruang pajang yang tampilannya menyerupai museum mini. Di ruangan tersebut, siswa dapat melihat berbagai macam produk SOSRO yang banyak ditemui di toko-toko maupun supermarket. Selain itu, ada juga info singkat mengenai sejarah berdirinya PT. SOSRO. Sambil menikmati ruang pajang tersebut. siswa juga diberikan welcome drink untuk melepas dahaga.

 

 

Selepas dari ruang pajang tersebut, siswa diajak masuk ke ruang auditorium untuk mendapatkan penjelasan lebih detil dari staf yang bertugas. Selama di auditorium, siswa mendapatkan penjelasan yang lebih detil tentang sejarah asal-usul teh, berdirinya PT. SOSRO sampai proses produksi  di pabrik tersebut yang dijelaskan lewat tayangan video. Setelah melihat tayangan, siswa diajak berkeliling pabrik untuk melihat fasilitas dan proses produksi secara langsung. Fasilitas yang dapat dilihat di antaranya gudang tempat penyimpanan teh dan gula yang merupakan bahan baku utama di samping air tentunya. Selain itu, ada juga tempat penyimpanan botol yang diletakkan dalam gudang berukuran besar. Siswa terus diajak berkeliling melihat tangki besar tempat mencampur air, gula, dan teh sehingga menjadi minuman siap saji. Juga, ada mesin yang berfungsi untuk mencuci botol dan memasukkan minuman yang telah jadi ke dalam botol yang telah disterilkan. Menurut penjelasan dari staf di sana, dalam satu hari PT. Sinar SOSRO dapat memproduksi 1 juta minuman teh botol yang kemudian didistribusikan ke berbagai wilayah di Indonesia. Untuk pabrik SOSRO yang ada di Mojokerto sendiri merupakan pabrik ke-10 yang didirikan oleh PT. Sinar SOSRO.

 

 

Bagian terakhir dari fasilitas yang dikunjungi oleh siswa di pabrik tersebut adalah proses pengolahan limbah yang ramah lingkungan. Air sisa produksi disaring berulang-ulang sebelum dialirkan ke sungai sehingga tidak mencemari lingkungan. Sementara itu, ampas teh yang tersisa dijadikan pupuk sehingga berguna bagi tanaman. Dari pengamatan yang ada, siswa belajar bahwa keberadaan pabrik tidak selalu merugikan lingkungan jika limbah yang ada dikelola dengan benar.

 

 

Selesai dari kunjungan melihat fasilitas pabrik, siswa kembali ke ruang auditorium untuk bertanya jawab dan mengisi lembar kerja yang harus dikerjakan oleh mereka. Staf penyedia informasi di sana juga menyediakan gift spesial bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan. Di akhir sesi tanya jawab, SD MDC memberikan cenderamata berupa plakat sebagai tanda bahwa SD MDC pernah mengunjungi tempat tersebut. Sebelum pulang, siswa dijamu makan siang di kantin PT. Sinar SOSRO yang diakhiri dengan sesi foto bersama. Tidak ketinggalan siswa juga dapat membeli oleh-oleh berupa aneka minuman produk SOSRO yang dibanderol dengan harga terjangkau tentunya. Akhirnya, bis yang telah disediakan oleh PT. Sinar SOSRO membawa siswa kembali ke sekolah. Terima kasih PT. Sinar SOSRO untuk kesempatan yang diberikan kepada siswa-siswi kami sehingga mereka mendapatkan pengalaman berharga tentang teknologi dan proses produksi yang ada di sana. Sampai jumpa di study tour berikutnya.