,

Study Tour Grade 3 ke Bhakti Alam

Hari Rabu, 29 Agustus 2018 siswa-siswi kelas 3 SDKr. Masa Depan Cerah sebanyak 53 orang dan guru pendamping sebanyak 10 orang mengadakan kegiatan belajar di luar area sekolah atau Study Tour  di Agrowisata Bhakti Alam — Pasuruan. Agrowisata Bhakti Alam merupakan wisata edukasi yang memiliki bukan hanya perkebunan buah-buahan dan sayuran tetapi juga peternakan sapi. Kegiatan dilakukan di lokasi tersebut agar siswa bisa belajar dan melihat secara nyata berbagai macam tumbuhan dan hewan. Kemudian siswa dapat menerapkan dalam kegiatan POE di sekolah yaitu membuat brosur resep makanan sehat menggunakan tumbuhan.

Pada pukul 07.15 WIB, rombongan siswa beserta guru – guru pendamping siap berangkat. Semua siswa kelihatan bersemangat karena berangkat dengan menggunakan bus. Perjalanan menuju Bhakti Alam memerlukan waktu sekitar 2 jam karena berada di luar kota tepatnya di kabupaten Pasuruan. Pada pukul 09.15 bus tiba di sana.

Sesampainya di sana siswa-siswi berkumpul di lobi. Kemudian siswa dibagi dalam 3 kelompok besar, lalu setiap kelompok masuk ke dalam kereta mini yang disediakan oleh pihak Bhakti Alam.

Mengawali perjalanan, kereta bergerak melewati  perkebunan kelengkeng, melon, jambu kelutuk, sawo dll. dengan didampingi seorang tour guide yang menjelaskan setiap tanaman yang ada. Sepanjang jalan siswa mendengarkan penjelasan tour guide, sambil mengerjakan LKS yang sudah mereka terima dari guru.

Berikutnya, siswa-siswi turun dari kereta memasuki pabrik kecil pembuatan susu pasteurisasi. Di sana, mereka mendengarkan penjelasan proses pembuatan dan pengemasan susu, dan melihat sekilas peralatan-peralatan yang digunakan dalam pembuatan susu. Tak lupa pekerja pengolahan susu membagikan sebotol susu coklat, produksi Bhakti Alam. Terdapat warung kecil penjualan berbagai produk susu olahan. Siswa-siswi dan guru tertarik melihat bahkan membeli beberapa produk, seperti ice cream berbagai ras, keju mozarella, kerupuk susu, dll. Tak terasa di tempat ini waktu berlalu hingga 30 menit.

Tidak jauh dari pabrik, ada peternakan sapi, di mana siswa belajar proses pemerahan susu. Setelah memerhatikan guide yang mempraktekkan memerah susu, beberapa siswa tampak antusias mencoba memerah susu untuk mendapatkan beberapa tetes.

Kembali menaiki kereta, rombongan dibawa keliling area berikutnya, hingga tiba di area tanaman sayur hidroponik. Selama 20 menit siswa-siswa mengamati tanaman selada, sawi dan tomat, dan mencicipi beberapa potong buah melon hasil panen perkebunan. 

Tujuan berikutnya adalah toko pusat oleh-oleh produksi Bhakti Alam. Kira-kira 20 menit, setiap siswa dan guru diperbolehkan mencicipi berbagai macam keripik dan produk minuman buatan, lalu membeli produk yang mereka sukai untuk dimakan atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Kemudian kereta mengantarkan semua rombongan ke tempat tujuan terakhir. Mengakhiri kegiatan, siswa diberi satu cup kecil jus semangka. Tak lupa berfoto-foto di beberapa tempat menarik yang merupakan ikon Bhakti Alam.

Pukul 12.00, semua rombongan makan siang. Lalu bersiap-siap menaiki bus untuk kemudian pulang menuju Surabaya. Dalam perjalanan, beberapa siswa-siswi tampak senang sekali, karena mereka bisa menceritakan pengalaman mereka masing-masing kepada teman-temannya. Semua rombongan sampai di sekolah pukul 14.30.

 

Penulis:
PIC Study Tour/Grade Leader Gr. 3
Shelena S., S.Pd.