,

Study Tour Grade 3 go to TNI-AL Museum

Kegiatan studi tur ke Museum TNI AL ini diadakan pada tangggal 16 Februari 2016. Secara umum, studi tour ini berjalan dengan baik. Antusiasme dan keceriaan anak-anak sudah terlihat sedari pagi. Rombongan berangkat pk.08.00 dengan menggunakan 1 buah bus besar dan 1 mobil sekolah.

Tujuan pertama adalah Museum Jalesveva Jayamahe atau Monjaya, yang terletak di dalam komplek Koarmatim. Sebelum ke Monjaya, kami diajak untuk berkunjung ke salah satu kapal perang yang di miliki TNI-AL, yaitu KRI Karang Pilang 981. KRI ini untuk mengangkut tamu VIP negara. Memasuki kapal, kami di sambut oleh awak kapal yang ramah, dan langsung naik ke geladak. Karena kurang koordinasi antar petugas pemandu, di geladak kami harus berbagi dengan sekolah lain dan sedikit agak ramai. Namun masalah tersebut segera teratasi setelah rombongan sekolah lain berpindah ke anjungan. Walaupun cuaca lumayan panas terik, namun antusias siswa melihat dan memegang persenjataan kapal perang mengalahkan rasa panas tersebut. Setelah waktu dirasa cukup, kami pun berpindah ke anjungan. Di anjungan atau ruang kemudi kapal, kami diberi penjelasan tentang fungsi-fungsi instrumen elektronik kapal seperti radar, radio, perlengkapan visual malam, dll oleh salah satu awak kapal. Siswa mendengarkan dengan antusias, dan mengajukan beberapa pertanyaan.

Setelah puas melihat-lihat kapal perang, kami pun berpindah ke Monjaya. Selama perjalanan dari kapal perang ke Monjaya, kami disuguhi deretan kapal-kapal perang kebanggaan TNI-AL, termasuk KRI Dewaruci yang legendaris. Sampai di Monjaya, kami dipersilahkan langsung naik, di setiap lantai terdapat museum diorama/miniatur kapal-kapal perang RI, foto-foto personel TNI-AL, hingga di lantai teratas tepat di bawah patung Jalesveva Jayamahe, kami bisa menikmati pemandangan laut dari atas. Kami bisa melihat lalu lintas kapal dan jembatan Suramadu dari kejauhan. Setelah itu kami pun turun ke aula untuk menikmati makan siang dan menonton dokumenter TNI-AL.

Setelah dirasa cukup, kami pun berpindah ke lokasi berikutnya yaitu Museum Loka jala Crana. Sebelumnya kami berfoto bersama di pelataran Monjaya. Di Museum Loka Jala Crana yang terletak di komplek Kodikal. Kami disambut oleh petugas pemandu yang merupakan anggota TNI-AL. Kami melihat tayangan kegiatan-kegiatan dari Taruna dan prajurit-prajurit TNI-AL. Setelah itu kami berkeliling museum. Kami melihat sejarah TNI-AL, mulai dari senjata-senjata yang pernah dimiliki, seragam-seragam TNI-AL, karya-karya taruna, dll. Hujan deras sempat menunda perjalanan keliling museum selama + 10 menit. Setelah reda, kami melanjutkan berkeliling museum dan menuju planetarium. Di sana kami belajar tentang susunan rasi bintang di dalam ruangan khusus. Pada pk.13.00 rombongan pun meninggalkan museum dan pulang menuju ke SD.MDC. Rombongan sampai di sekolah pk.14.00, siswa melanjutkan dengan mengisi LKS dan agenda, eksul tetap ada.