,

Study Tour Grade 3 at Terminal 1 Juanda Surabaya

Hari Kamis, 23 Februari 2017 siswa-siswi kelas 3 SDKr. Masa Depan Cerah sebanyak 55 orang dan guru pendamping sebanyak 10 orang mengadakan kegiatan belajar di luar area sekolah atau Study Tour di Museum Penerbangan Juanda, Lanudal Juanda, dan Bandara Juanda. Kegiatan dilakukan di lokasi tersebut agar siswa dapat belajar tentang jenis-jenis pekerjaan atau profesi yang terdapat di Bandara Juanda; sumber energi dan kegunaannya untuk melengkapi pemahaman siswa setelah belajar di kelas.

Pada pukul 07.30-08.00 WIB, siswa dipersiapkan lebih dahulu di kelas masing-masing sebelum berangkat. Semua siswa kelihatan bersemangat setelah mendengar akan berangkat bersama menggunakan bus. Siswa-siswi berangkat pukul 08.00 WIB. Perjalanan menuju tempat study tour memerlukan waktu sekitar ±1 jam.

Pada pukul 09.00 bus tiba di Museum Penerbangan Juanda. Sesampainya di sana siswa-siswi dibagi dalam 2 kelompok besar yang kemudian siswa-siswi diajak untuk mengelilingi museum. Kelompok satu mengelilingi lantai 2, sedangkan kelompok yang lainnya menonton video di lantai 1. Selama 30 menit siswa-siswi mengelilingi Museum. Setelah dari Museum siswa-siswi kembali masuk kedalam bus dan melanjutkan perjalanan ke Hanggar Pesawat Lanudal Juanda.

Selama di Hanggar, siswa-siswi melihat dan dijelaskan mengenai berbagai macam pesawat dan bagian-bagian pesawat. Selama di Hanggar siswa-siswi juga melakukan tanya jawab kepada Guide yang memandu jalannya study tour. Pada dasarnya kegiatan berlangsung dengan lancar dan baik. Setelah berfoto dan mengucapkan terima kasih rombongan Study Tour Grade 3 melanjutkan perjalanan ke Bandara Juanda.

Tepat pukul 12.45 siswa-siswi sudah sampai di Bandara Juanda. Namun setelah tiba di sana, siswa-siswi masih menunggu 15 menit. Dikarenakan menunggu guide yang ternyata masih dalam pergantian shift. Hal ini membuat jadwal acaranya terlambat 15 menit. Tepat pada pukul 13.00, siswa-siswi kelas 3 mulai study tour dengan mengelilingi Bandara serta mengamati setiap pekerjaan yang ada di Bandara. Siswa-siswi dibimbing masuk mulai dari proses check in sampai ruang tunggu pesawat. Di sini siswa-siswi juga melakukan tanya jawab bersama guide.

Pukul 14.00 siswa-siswi dipersiapkan masuk ke dalam bus untuk kembali pulang. Dalam perjalan, beberapa siswa tampak senang sekali, karena mereka bisa menceritakan pengalaman mereka masing-masing kepada teman-temannya. Semua rombongan sampai di sekolah tepat pada pukul 14.30 dan siswa langsung diperkenankan untuk pulang.