,

“Green Power” – Science Study Center Bali 2019

Science Study Center (SSC) tahun ini bertemakan “Green Power”. Berkaitan dengan tema tersebut, siswa-siswi kelas 8 SMP MDC melakukan pembelajaran yang berfokus pada kelestarian alam dan pemanfaatan teknologi ramah lingkungan. Rentetan acara dimulai dari penanaman terumbu karang dan pengolahan rumput laut di Pantai Pandawa. Setiap siswa mendapat kesempatan mencantumkan namanya masing-masing pada setek terumbu karang yang akan ditransplantasi.

Acara selanjutnya pembelajaran lebih dari 10 teknologi ramah lingkungan di Bali Appropriate Technology Institute (BATI) diantaranya, Rus pump, pompa hidram, pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dan minyak kemiri, sand stone water filter, slow sand water filter, daur ulang air, pengering tenaga surya, solar water heater, aquaponik, tong komposter, dan biogas.  Dilanjutkan dengan acara talk show pemilik BATI, Gusti Rus Alit, agar siswa-siswi semakin mengenal pengalaman, kehidupan, serta pelayanan Mr Rus Alit dan menjadikan teladan dalam kehidupan mereka masing-masing.

 

 

Hari selanjutnya adalah pembelajaran pembuatan KOMPENIT (kompos penambat nitrogen) dan perbanyakan tanaman budidaya di Kebun Raya Eka Karya Bedugul. Dilanjutkan dengan pembelajaran pembuatan cokelat di POD Coklat. Acara selanjutnya adalah doing Project of Entrepreneurship (POE) dan communicating guru untuk mengasah kemampuan siswa dalam menghasilkan produk dan menyampaikan hasilnya.

Tidak hanya melakukan pembelajaran, siswa juga diajak untuk melayani sesama teman dan siswa-siswi SD Selemadeg. Siswa-siswi berkesempatan mengajar anak-anak SD dalam pembuatan robot sederhana dari kardus, membuat kompos anaerob cair, dan budidaya ikan dalam ember. Selain itu, siswa-siswi SMP MDC juga berbagi berkat kepada anak-anak SD Selemadeg dan disambut antusiasme anak-anak yang luar biasa. Pada akhirnya, tujuan diadakannya kegiatan SSC ini tercapai dimana siswa-siswi dapat mengoptimalkan potensinya dalam  3 H (Head, Heart, dan Hand).