Special Outing – My Lovely Place

Woow…. Amazing, timbul perasaan kagum saat menyaksikan anak-anak usia 4-6 tahun menunjukkan aksinya peduli terhadap lingkungan. Ada yang membersihkan kolam, ada yang menyapu, ada yang memunguti sampah dan ada pula yang memasang slogan.

Didasari oleh semangat untuk membangun rasa cinta tanah air dimulai dari lingkup yang lebih kecil yakni cinta terhadap kota dimana kita tinggal. PG-TK Benih Kasih mengangkat tema “ My Lovely Place “ dikemas dalam program of Entrepreneurship. Diawali dengan tahapan eksploring; anak-anak bersama papa atau mama mengadakan survei masing-masing ke satu tempat wisata dan satu tempat fasilitas umum yang ada di Surabaya. Ada yang mensurvei Bandara dan Tugu Pahlawan, ada yang ke Stasiun Gubeng dan Taman Bungkul, dan sebagainya.

Hasil survei dikomunikasikan oleh anak-anak di depan teman-temannya dan guru disekolah. Anak-anak belajar mengumpulkan informasi dari berbagai laporan tentang kondisi berbagai tempat yang telah disurvei. Kemudian bersama-sama, anak-anak belajar menganalisa atau menalar tempat-tempat mana saja yang perlu lebih diperhatikan dan apa yang bisa anak-anak lakukan sebagai wujud dari rasa cinta terhadap kotanya.

Anak-anak dengan bimbingan guru kemudian menyusun rencana (planning) dengan terlebih dahulu membuat kesepakatan tempat mana yang dipilih dari sekian tempat yang telah disurvei juga apa yang akan dilakukan nanti di tempat tersebut.

Tahapan berikutnya “ Doing ” dibagi menjadi dua, yang pertama doing di sekolah. Di sekolah anak-anak mengerjakan semua persiapan untuk aksi mereka di tempat yang sudah dipilih, antara lain : mereka membuat surat rekomensdasi kepada pihak-pihak yang bertanggung jawab terhadap tempat tersebut untuk membuat perbaikan-perbaikan ataupun usulan-usulan lainnya dari anak-anak yang sebelumnya telah mensurvei tempat-tempat tersebut, supaya tempat itu menjadi lebih baik lagi. Selain itu, anak-anak juga mengecat tempat sampah, melukis, memberi tulisan juga membuat papan-papan slogan atau himbauan untuk peduli lingkungan dengan bimbingan guru.

Doing kedua, anak-anak bersama guru pergi ke tempat yang sudah dipilih oleh masing-masing kelompok, ada yang ke kebun binatang, ada yang ke Taman Bungkul, Monkasel, juga ke stasiun Gubeng. Di Kebun Binatang Surabaya; anak-anak dibantu guru dengan seijin pihak KBS memasang papan slogan “ jangan buang sampah sembarangan “, membersihkan sampah yang tercecer, memberikan sabun cair cuci tangan dan memberi makan satwa; juga menyerahkan surat saran yang mereka tulis sendiri.

Di Monkasel anak-anak memberikan beberapa tempat sampah kreasi mereka, papan slogan “ Buang sampah pada tempatnya “, memberikan juga sabun cair cuci tangan, alat-alat kebersihan. Di sana anak-anak juga menyapu dan memungut sampah.

Tidak kalah menarik kegiatan di Taman Bungkul, selain mereka melestarikan tempat sampah, papan slogan, sabun cair cuci tangan, anak-anak menunjukkan aksinya dengan menyapu, membersihkan kolam ikan dan melepaskan ikan dan kura-kura yang mereka bawa ke dalam kolam yang sudah mereka bersihkan

Melalui kegiatan ini selain anak-anak terlibat dalam Program of Entrepreneurship mereka, juga secara langsung sudah menerapkan kegiatan pembelajaran yang saintifik dengan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan sekaligus memupuk rasa cinta terhadap kotanya, dan menunjukkan tanggung-jawab dan kepeduliannya terhadap lingkungannya dengan melakukan tindakan nyata. Semoga apa yang sudah dilakukan anak-anak PG-TK Benih Kasih ini dapat terus menjadi inspirasi mereka sendiri dan juga orang lain.