,

Siswa SMP MDC Berhasil Menjadi Juara General English Competition

Sekolah Kristen Masa Depan Cerah bukan hanya menitikberatkan pada pembelajaran bidang akademis dan karakter tetapi juga memberi kesempatan bagi setiap siswa untuk mengembangkan diri dan talenta yang dimiliki baik dalam bidang akademis maupun olahraga. Mengikuti lomba merupakan salah satu cara mengembangkan diri sekaligus menjadi tolok ukur bagi siswa untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki. Hal inilah yang mendorong sekolah untuk mengikutsertakan 7 orang siswa grade 7 – 9 untuk mengikuti lomba General English CEC pada tanggal 1 dan 2 November 2014 yang bertempat di Ciputra World. Ketujuh siswa tersebut adalah Josiah Kristano Suwargo dan Petrina Shalomita dari grade 7, Jessica Agustina dari grade 8, Early Eugenia, Frederick Edward Lee, Sherinne Clarissa, dan Tanina Christie dari grade 9.

Setiap hari ketujuh anak tersebut mengorbankan waktu lunch mereka untuk berlatih, mempersiapkan diri yang terbaik untuk mengikuti lomba tersebut. Di babak awal mereka dihadapkan pada soal listening yang menuntut konsentrasi tinggi dalam hal mendengarkan percakapan maupun teks berbahasa Inggris dan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai percakapan maupun teks tersebut. Di babak kedua, mereka kembali harus bekerja keras menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar grammar dan reading. Mereka berusaha keras untuk melakukan yang terbaik pada setiap babak. Jerih lelah mereka tidaklah sia-sia. Early, Fred, dan Tanina berhasil melaju ke babak 10 besar atau babak final.

Di babak final, mereka kembali harus berkonsentrasi. Di bagian writing, mereka diberi waktu 30 menit untuk menulis essay berdasarkan topik yang diberikan. Setelah 30 menit berlalu, babak writing selesai dan dilanjutkan dengan babak speaking, yang diadakan di atas panggung. Satu pertanyaan akan diambil secara acak oleh setiap peserta. Setelah pertanyaan dibacakan, mereka diberi 1 menit untuk mempersiapkan jawaban dan 1 menit untuk menyampaikannya. Hal ini bukanlah sesuatu yang mudah mengingat begitu banyak mata yang memandang ke panggung, membuat para peserta bertambah nervous dalam menyampaikan jawaban mereka.

Semua nilai (mulai dari babak listening sampai dengan babak speaking) dari 10 peserta yang berhasil memasuki babak final kemudian dijumlahkan. Dan akhirnya! Setelah melalui perjuangan yang panjang dan melelahkan, Tanina berhasil menjadi juara ke 2, Fred menjadi 1st runner up, dan Early menjadi 2nd runner up. Congratulations, guys! We are proud of you! (Ms. Erniwati, S.Pd. – English Teacher of MDC Junior High School)