,

Science Study Center 2015

Science Study Center (SSC) merupakan salah satu kegiatan yang setiap tahun diadakan bagi siswa siswi kelas 8 SMP MDC. Bertempat di Bali Appropriate Technology (BATI), para siswa dibawa untuk belajar dari kehidupan Mr. Rus Alit, seorang warga asli Bali yang memiliki kerinduan untuk menolong orang-orang yang hidup dalam kondisi lingkungan yang sulit.
 


 
Di hari pertama SSC 2015 para siswa memulai pembelajaran di GWK (Garuda Wisnu Kencana) dengan materi pembelajaran memanfaatkan prinsip trigonometri untuk memperkirakan tinggi patung Wisnu dan Garuda yang merupakan hasil karya seniman Bali. Setelah melakukan pengukuran di GWK, anak-anak melakukan perjalanan ke BATI di daerah Tabanan Bali. Hari kedua, para siswa belajar secara langsung mengenai berbagai macam teknologi terapan dengan prinsip-prinsip sains yang selama ini dikembangkan oleh Mr. Rus Alit untuk menolong orang-orang di daerah sulit. Teknologi terapan yang dipelajari antara lain: pengering tenaga surya, hidroponik, pompa hidrolik, dan pembangkit listrik tenaga air.
 

 
Kunjungan belajar di hari ketiga adalah agrowisata The Silas’s. Di sini para siswa belajar mengenai kandungan dan kegunaan dari tanaman yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari hingga teknik penanaman yang digunakan untuk produksi stroberi. Pembelajaran hari keempat dilakukan sepanjang hari di BATI dimana para siswa belajar mengenai water treatment, slow sand water filter, rus pump, penumbuk padi tenaga kincir air dan pembuatan virgin coconut oil (VCO) secara langsung. Di samping pembelajaran yang didapatkan secara langsung, para siswa SMP MDC juga diberi kesempatan untuk melayani siswa siswi dari SMP Negeri Selemadeg dengan berbagi informasi mengenai berbagai macam kandungan bahan kimia dalam makanan, rokok, dan juga bahayanya bagi kesehatan.
 

 
Harapan kami selaku pendidik ingin membekali para siswa kami dengan teknologi terapan yang menggunakan prinsip-prinsip sains, sehingga mereka dapat menerapkan ilmu sains yang telah mereka pelajari di sekolah untuk menolong banyak orang.
 

 
Written by: Mr. Yonathan Rengga, S.Si.