,

Science Study Center 2013

Science Study Center merupakan program tahunan SMP Kristen Masa Depan Cerah untuk siswa-siswi kelas 8. Program tersebut bertujuan mendidik siswa-siswi untuk memiliki proses belajar yang kontekstual dan aplikatif, khususnya pada mata pelajaran sains dan matematika. Pada tahun 2013 ini, kegiatan Science Study Center  diadakan pada tanggal 8 April – 13 April bertempat di BATI (Bali Approriate Technology Institute), Tabanan, Bali. Penjelasan singkat kegiatan pembelajaran selama di BATI adalah sebagai berikut :

April 8th

Setelah siswa-siswi kelas 8 tiba di Bandara Ngurah Rai Bali, mereka langsung menuju Garuda  Wisnu Kencana untuk melakukan pembelajaran Matematika dimana siswa melakukan pengukuran sudut dengan alat Klinometer untuk mengetahui tinggi Patung Wisnu dan Patung Garuda dengan konsep Trigonometri yang mereka telah pelajari.

Selepas dari GWK, siswa menuju Pantai Seseh untuk melakukan pembelajaran Fisika dimana siswa melakukan pengukuran jarak dan waktu dari sebuah gelombang di pinggir pantai menggunakan alat yang sederhana, meliputi: gabus styrofoam, patok, dan meteran untuk mengetahui kecepatan gelombang dengan rumus kecepatan yang mereka telah pelajari.

April 9th

Siswa-siswi mempelajari ilmu Fisika Terapan yang terdapat di BATI, seperti:

Pompa Hidrolik, yaitu alat yang digunakan untuk mengangkut air ke tempat yang lebih tinggi tanpa memakai listrik.

VCO (Virgin Coconut Oil), yaitu pengolahan buah kelapa untuk menghasilkan minyak yang berkualitas tanpa melalui proses memasak.

Daur ulang air, yaitu pengolahan air limbah mandi menjadi air yang dapat digunakan kembali.

PLTA, yaitu pemanfaatan air sebagai sumber utama untuk menghasilkan listrik.

Rus Pump, yaitu alat yang diciptakan langsung oleh Pak Rus untuk memompa air dengan alat sederhana.

Slow sand filter, yaitu alat untuk menyaring air kotor menjadi air yang layak untuk dipakai.

Pengering tenaga surya, yaitu alat yang menggunakan konsep RumahKaca, yang digunakan untuk mengeringkan pakaian.

Penyaring batu cadas, yaitu alat untuk menyaring air menjadi air yang layak untuk diminum.

Pemanas air, yaitu alat untuk memanaskan air dengan memanfaatkan matahari yang nantinya akan disalurkan ke setiap kamar mandi.

Penumbuk Padi, yaitu alat yang menggunakan air sebagai sumber penggerak alat penumbuk padi secara otomatis.

April 10th

Siswa-siswi diajak  ke PT OLESS TOKCER untuk mempelajari EM4 (Effective Microorganism) perihal pengembangbiakan mikroorganisme. Selain itu, mereka juga belajar membuat pupuk Bokashi yang dicampur dengan EM4 beserta pemanfaatannya.

Setelah dari PT OLESS TOKCER, siswa-siswi diajak ke Bali Bird Park untuk mempelajari keanekaragaman burung dan reptil serta mengidentifikasi klasifikasi, perilaku adaptasi terhadap lingkungan dan ciri khasnya.

April 11th

Siswa-siswi mengambil bagian dalam pelayanan yaitu External Ministry dan Internal Ministry. Dalam kegiatan External Ministry, siswa-siswi berbagi pengetahuan dengan siswa-siswi SMPN 2 Selemadeg perihal bagaimana melakukan pengamatan sederhana terhadap benda-benda di sekitar dengan menggunakan mikroskop sederhana.

Dalam kegiatan Internal Ministry, siswa-siswi membuat acara fellowship berupa kebaktian sederhana untuk memiliki hati yang lebih mencintai Tuhan serta membuat satu sama lain menjadi bagian dari keluarga Tuhan.

April 12th

Siswa-siswa melakukan Outbond dengan tujuan agar mereka dapat membangun kerjasama satu sama lain dan saling mengenal kelebihan, kekurangan serta bisa mengenal alam lebih dekat.

April 13th

Siswa-siswi mempersiapkan presentasi alat-alat fisika terapan yang ada di BATI dimana mereka dituntut untuk memberikan solusi terhadap setiap studi kasus yang diberikan oleh Pak Rus sebagai pembimbing.  Studi kasus yang diberikan kepada siswa merupakan fakta lapangan yang ditemui  Pak Rus di beberapa tempat di dunia.

Acara terakhir adalah pemberian penghargaan kepada siswa untuk kategori best team, the most punctual student, the most scientific student, the most helpful student, the most discipline student, the most obedience students and the most content student.

Enam hari lamanya SSC 2013 berlangsung dengan harapan setiap siswa-siswi kelas 8 mendapat pengalaman pembelajaran yang bermakna dan dapat menerapkan dalam kehidupan mereka nantinya.