,

Puncak Tema TK-B Benih Kasih: Play Move Together

Puji Tuhan anak-anak TK B sudah mengakhiri kegiatan pembelajaran tematik pertama di Semester ini bertemakan “Play Move Together” dan Core Value yang mendasari adalah Care. Dalam tema ini anak-anak telah belajar tentang berbagai permainan baik permainan tradisional dan permainan modern, cara memainkannya, kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Salah satu alasan tema ini diangkat, adalah dengan melihat kenyataan bahwa anak-anak zaman ini lebih sering bermain menggunakan gadget dari pada bermain bersama teman-temannya. Sehingga anak kurang memiliki rasa peduli terhadap lingkungan dan sesamanya. Tidak hanya itu, kemampuan gerak motorik mereka pun menjadi terbatas.

Melalui tema ini kami harapkan mereka akan lebih menyukai permainan yang bisa mendukung kematangan gerak dan kemampuan sosial mereka. Tema ini kami kemas  dalam Entrepreneurship dengan (learning cycle) Exploring, Planning, Doing, Communicating, dan Reflecting. Setelah melalui Learning Cycle akhirnya sampailah pada acara puncak tema kita pada hari Senin, 11 September 2017 di sekolah Benih kasih, dengan membagi permainan sesuai ide anak dalam kelompok masing-masing menjadi 6 permainan. Dan kami bagi menjadi 3 jenis permainan yang dilakukan di luar halaman sekolah dan 3 jenis permainan yang dilakukan di dalam sentra.

Dengan melihat antusias anak-anak selama mengikuti tema ini maka di tahap Eksploring kamipun juga melibatkan orang tua untuk menemukan ide bersama anak di rumah mengenai permainan sosial bersama/bekerjasama untuk dapat dimainkan di acara Puncak tema “Play Move Together”,  dengan mengisi form terlebih dahulu yang telah kami bagikan sebelumnya. Dari semua ide yang terkumpul, maka pada tahap Planning anak mulai merencanakan permainan yang akan dimainkan bersama dengan kelompok sesuai ide dalam Exploring yang terpilih. Serta pada tahap Doing, anak mulai melakukan kegiatan seperti yang sudah di rencanakan di pembagian tugas dalam kelompok bersama guru dan teman. Dan pada tahap Communicating inilah anak mengkomunikasikan dan permainan sosial bersama/ bekerjasama yang telah dilakukan bersama dengan kelompoknya bersama semua teman pada saat acara puncak tema .Dimana mereka belajar banyak tentang kerjasama, sikap sportif dan saling bergiliran, 6 permainan itu, adalah : Permainan Ular Tangga Super Duper Jumbo, Permainan Tarik Tambang, Permainan Ular Naga, Permainan Tebak gambar binatang dengan berlari, Permainan Musical Chair, dan Permainan Gelas tantangan. Serta disediakan pula permainan tambahan seperti: Bakiak, Cublek-cublek Suweng, Dakon dan Lompat tali.

Puji Tuhan akhirnya kegembiraan, kekompakan dan kerjasama yang luar biasa dalam setiap kelompok terlihat pada keseruan acara puncak tema kita kali ini. Pada tahapan Reflecting anak dengan semangat menceritakan pengalaman dan perasaannya selama melakukan tiap tahapan mengenai kelebihan, kendala/kekurangan dari proyeknya  dan mencari solusi atas Planning yang belum terlaksana di depan guru dan teman-temannya. Dan kami melihat mereka enjoy and happy dengan tema “Play Move Together”.  Praise The Lord

By Sylvia dan Tim Tema TK B