,

Prakarya: Skill Tepat Guna dan Aplikatif

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang bukan hanya mengutamakan pemahaman tetapi juga skill dari  peserta didik didorong untuk aktif terlibat di dalam pembelajaran dan mengekplorasi setiap sumber pembelajaran. Ada beberapa perubahan dalam kurikulum 2013, salah satunya adalah muncul mata pelajaran baru yaitu PRAKARYA yang membekali peserta didik di dalam kemampuan skill tepat guna dan aplikatif. Mata pelajaran Prakarya yang dikerjakan di SMP Masa Depan Cerah berfokus pada pengolahan makanan di semester 1 dan budidaya pada semester 2.
 

 
Materi pengolahan membekali peserta didik grade 7 untuk membuat minuman segar, minuman kesehatan, makanan cepat saji dan pengolahan hasil samping bahan pangan nabati sebagai bahan kerajinan. Sedangkan materi pengolahan pada grade 8 yaitu membuat olahan serealia dan umbi menjadi bahan pangan, bahan pangan setengah jadi dan bahan non pangan.  
 
 
 
Materi prakarya sangat bermanfaat bagi peserta didik untuk mengenalkan produk makanan dan minuman yang sesuai dengan khas daerah dan juga mengenal kandungan serta manfaat di dalam bahan olahan tersebut. Melalui materi prakarya ini, peserta didik juga dilatih untuk melakukan inovasi di dalam mengolah bahan pangan sehingga mampu menumbuhkan kreatifitas dan mengembangkan bahan olahan pangan tradisional.

Salah satu kegiatan yang sudah dilakukan oleh peserta didik grade 7 adalah membuat minuman segar yaitu sup buah. Peserta didik sangat senang dan antusias mempraktekkan skill – skill sederhana seperti cara mengupas berbagai macam buah, mencegah oksidasi pada buah apel, menghaluskan buah, memberikan cita rasa yang tepat dan teknik penyajian yang menarik. Meskipun mereka menemui berbagai kendala karena banyak di antara mereka tidak pernah memegang pisau, peserta didik mau belajar dengan tertib dan sungguh – sungguh. “ Aku sangat senang dengan pelajaran prakarya karena aku jadi tahu cara mengupas buah dan resep –resep membuat minuman yang enak’ ujar Alex salah satu peserta didik grade 7. Dia berharap dapat terus meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan di dalam mengolah buah sebagai minuman segar.

Mitha Dwiana Dewi – guru mata pelajaran Prakarya