,

Peringatan Sumpah Pemuda di SMA MDC Surabaya

Shalom! Siapakah yang mengingat hari sumpah pemuda ? Perayaan sumpah pemuda yang memiliki peranan besar dalam membantu kemerdekaan Indonesia di laksanakan pada tanggal 28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda dianggap sebagai tonggak/tiang utama dalam sejarah Indonesia mencapai kemerdekaannya.
 


 
Yang dimaksud dengan “Sumpah Pemuda” adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, yaitu 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”. Demikian isi dari Sumpah Pemuda :
 
Sumpah Pemuda:
Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia
 

 
Atas perjuangan para pemuda di Indonesia, akhirnya terbebaslah kita dari jajahan negara lain. Dengan ini kita patut menghargai keberanian dan revolusi yang mereka jalankan, menjunjung tinggi tanah air, dan mencintai Indonesia itu sendiri.
 
SMA Masa Depan Cerah Surabaya tidak melewatkan peringatan Sumpah Pemuda pada tahun ini dengan melaksanakan upacara pada tanggal 26 Oktober 2015. Hal ini menunjukan betapa kita mengapresiasi jerih payah para pejuang bangsa. Peringatan hari Sumpah Pemuda yang kami laksanakan hanyalah sebatas upacara sederhana, tetapi sebuah benih penting ditabur pada hari itu dimana para siswa-siswi bersama-sama memaknai hari itu dengan mengikuti upacara secara khidmat dan tertib.
 

 
Petugas upacara bendera kali ini dilakukan oleh seluruh siswa kelas X. Keunikan dari pelaksanaan upacara bendera ini adalah adanya pemimpin upacara yang dilakukan oleh seorang siswi (perempuan) yaitu, Thalia Sugita siswa kelas X. “Ini merupakan pengalaman berharga yang pernah ada di SMA Masa Depan Cerah dengan menyaksikan upacara yang dipimpin oleh kaum wanita”, ucap Mr. Johan Ardiyansyah salah satu wali kelas 10 kepada reporter MDC Journalists.
 
“Cintailah bangsamu hai pemudi pemuda bangsa, singsingkan tangan bajumu untuk negara karena masa yang akan datang, akan menjadi kewajibanmu sebagai generasi penerus bangsa untuk membawa nama Indonesia dan memuliakan nama Tuhan” di lagu inilah tersirat makna yang dalam akan arti kemerdekaan negara kita.
 
Mari kita membangun rasa cinta tanah air yang lebih lagi sebagai pemudi pemuda bangsa generasi masa depan. Tuhan memberkati!
 
*Oleh : Angus Sean Maximillian Keane Reagan (XI IPS) Crew Pemberitaan MDC Journalists