,

Pembuatan Lubang Biopori Oleh Siswa SMP Kr MDC

Jumat 18 Oktober 2013, senyum ceria menghiasi wajah siswa-siswi SMP Kristen Masa Depan Cerah Surabaya yang  sore itu  mempraktekkan pembuatan lubang biopori. Kegiatan tersbeut dilakukan selepas mengikuti workshop di SMPN 11 Surabaya. Sebuah pengalaman yang baru bagi siswa menggunakan alat pengebor tanah yang menurut mereka sangat menyenangkan.

Menurut Sinung Harjanto selaku kepala sekolah SMP Kr. Masa Depan Cerah “ Pembuatan lubang biopori ini sangat berguna bagi siswa dan sekolah. Siswa menjadi bertambah wawasannya mengenai pemanfaatan lubang biopori untuk meresap air hujan sehingga tidak menimbulkan genangan selain itu lubang biopori juga dapat digunakan untuk media pembuatan pupuk kompos dari sampah daun-daun kering yang nantinya dapat dipanen untuk digunakan sebagai media tanam”.

Dalam kegiatan pembuatan lubang biopori ini siswa belajar banyak hal mengenai bagaimana cara membuat lubang menggunakan alat pengebor dengan baik. Siswa juga belajar bekerjasama dengan siswa yang lain dimana jika salah satu siswa membuat lubang maka siswa yang lain membantu menahan pipa.

Celine salah satu siswa kelas 7 SMP Kr. MDC berkomentar” Saya sangat senang bisa langsung mempraktekkan pembuatan lubang biopori sepulang sekolah meskipun sekolah saya adalah fullday school sehingga lewat pukul 15.00 kami baru bisa memulai mengerjakannya”.

Antusiasme para siswa juga ditunjukkan dengan salah satu komentar dari Icha siswa kelas 8 yang berkata  ”Saya merasa tidak letih sama sekali dalam membuat lubang biopori ini dan saya sangat senang dapat menjadi salah satu kader Eco School di sekolah saya untuk dapat memberitahu kepada teman-teman bagaimana cara membuat lubang biopori ini”.

Pembuatan lubang resapan ini merupakan tindak lanjut dari program Eco School di SMP Kr. Masa Depan Cerah Surabaya setelah dilakukan pemilahan sampah dan pengomposan pada minggu sebelumnya.