,

Parents Seminar “Memerangi Bullying di Kalangan Remaja”

Pada hari Sabtu, 14 Oktober 2017 diadakan Talkshow bagi para orang tua untuk memerangi bullying di kalangan remaja berlangsung di ruang kantin, MDC Campus Citraland pukul 08.00-10.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh lebih kurang 250 para orang tua dari SMP dan SMA Kristen Masa Depan Cerah Surabaya. Pembicara talkshow adalah Bapak Jony Eko Yulianto, S.Psi., M.A (dosen Fakultas Psikologi, Universitas Ciputra Surabaya).

Bullying adalah penggunaan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalahgunakan atau mengintimidasi orang lain dengan maksud membahayakan fisik maupun emosional seseorang. Perilaku ini dapat menjadi suatu kebiasaan dan melibatkan ketidakseimbangan kekuasaan sosial atau fisik. Bapak Drs. Sinung Harjanto, S.Th. M.A dalam sambutannya menyampaikan bahwa perilaku bullying seakan dipandang sebelah mata oleh masyarakat sehingga masih sedikit yang menyadari bahaya bullying. Saat ini dibutuhkan kesadaran bagi semua pihak untuk mengetahui dan memahami perilaku bullying.

Diharapkan dari seminar ini dapat membuka komunikasi anak dan orang tua, guru dan siswa, serta orang tua dan guru untuk mengantisipasi perilaku bullying. Serta sebagai upaya antisipasi dini untuk meminimalisir tindakan bullying, khususnya di Sekolah Masa Depan Cerah Surabaya.

Tidak jarang banyak orang tua yang ingin mengutarakan pertanyaan dan komentar tentang bullying ini, namun oleh karena keterbatasan waktu tidak semua tersampaikan. Akan tetapi para orang tua tetap menyambut baik dan positif kegiatan ini, mengingat tindakan bullying dapat terjadi di sekitar mereka.

(Tri Setyanto, S.Pd – Guru BK SMA)