Pahlawanku – Study Tour Grade 4

Pahlawan Indonesia… merupakan para pejuang Indonesia yang mau berkorban untuk kemerdekaan dan kejayaan bangsa Indonesia. Beberapa pejuang di Indonesia sudah dikenal oleh para siswa kelas 4 SD Kr. Masa Depan Cerah. Sebagian besar pasti sudah tahu apa saja bentuk perjuangan tokoh-tokoh tersebut. Namun tidak semua mereka tahu tentang perjuangan tokoh-tokoh yang telah berkarya bagi bangsa ini mulai masa kolonial, kemerdekaan sampai masa kini. Oleh karena itulah, guru kelas 4 mengajak seluruh siswa kelas 4 SD Kr. Masa Depan Cerah untuk mengamati, mendengar, dan melihat bagaimana perjuangan tokoh-tokoh di Indonesia dan berbagai peninggalan dari perjuangan mereka di Monumen Jalesveva Jayamahe, Ujung, Surabaya dan Monumen Tugu Pahlawan, Tembaan, Surabaya. Dengan kegiatan study tour ini, diharapkan siswa kelas 4 dapat mengerti bagaimana menghargai perjuangan para pahlawan dan memiliki karakter yang kuat untuk membangun dirinya sendiri dan kemajuan bangsa Indonesia.

 

Hari Rabu, 23 Januari adalah hari yang sangat dinantikan oleh siswa untuk melakukan study tour ke Monumen Jalesveva Jayamahe dan Monumen Tugu Pahlawan. Pukul 07.00 siswa-siswi kelas 4 berangkat dari sekolah dengan naik bis. Tujuan pertama adalah ke Monumen Jalesveva Jayamahe. Kami tiba di sana sekitar pukul 07.30 lalu kami disambut oleh tim dari Koarmatim Jalesveva Jayamahe dengan sukacita. Acara ini dimulai dengan mengajak kami melihat alat-alat yang ada di kapal KRI Ahmad Yani dan cara mengoperasikan alat tersebut. Kegiatan awal ini membuat siswa-siswa merasa antusias untuk belajar tentang alat-alat perang yang dipakai negara untuk menjaga keamanan Negara Indonesia khususnya di wilayah laut Indonesia. Lalu Koarmatim melanjutkan kegiatan dengan mengajak kami untuk mengamati dan mendengarkan berbagai benda yang ada di Museum Monumen Jalesveva Jayamahe. Satu per satu alat-alat yang ada di museum tersebut pun dijelaskan. Setelah itu, kami juga diajak untuk menonton video tentang perjuangan para Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Laut (TNIAL).  Kemudian siswa dan guru makan siang bersama di depan Museum Jalesveva Jayamahe sambil menikmati udara segar di sekitarnya. Setelah kami menyelesaikan kunjungan ke Monumen Jalesveva Jayamahe, kami melanjutkan perjalanan ke Tugu Pahlawan. Tiba di sana, kami dipandu oleh pihak Tugu Pahlawan untuk melihat bangunan peninggalan perjuangan pahlawan kemerdekaan. Lalu, kami diajak ke Museum Tugu Pahlawan untuk melihat benda-benda peninggalan bersejarah dan mendengarkan pidato Bung Tomo saat perang 10 November. Di akhir acara, kami menonton video tentang kisah perjuangan rakyat Surabaya tanggal 10 November.

Sekitar pukul 14.00 para siswa kelas 4 bersama guru kembali ke sekolah. Sebelum pulang, kami tidak lupa untuk berpamitan pulang kepada pihak Tugu Pahlawan dan mengucapkan terimakasih pada mereka. Saat akan kembali ke bis, sempat beberapa waktu hujan deras, sehingga kami harus menunggu beberapa waktu di Museum Tugu pahlawan sampai hujan reda. Puji Tuhan! Akhirnya hujan pun reda, sehingga kami bisa kembali berjalan ke bis dan melanjutkan perjalanan kembali ke sekolah. Pukul 14.30 kami sampai di sekolah. Bersyukur semua dalam keadaan aman, sehat, dan tetap bersukacita dengan pengalaman baru kami. (Ma’am Ida)