,

MDC Senior High Program – Live in Peniwen Village, Malang

SOCIAL AND CULTURAL EXPOSURE PROGRAM merupakan salah satu program sekolah bagi siswa-siswi SMA MDC yang diselenggarakan setiap tahunnya di sebuah desa yang bernama Desa Peniwen. Desa tersebut terletak di sebelah selatan Kota Malang.
 


 
Kegiatan ini merupakan salah satu program yang diadakan dengan tujuan untuk membuat siswa mengerti akan kondisi nyata masyarakat yang ada di pedesaan. Dengan melihat dan terlibat secara langsung dalam kehidupan masyarakat yang ada di daerah terpencil, diharapkan siswa dapat berlatih meningkatkan daya juang dalam menghadapi kenyataan hidup, membangun empati dan tanggung jawab, keluar dari zona nyaman, sekaligus belajar menerapkan salah satu filosofi Gereja MDC yaitu servanthood.
 

 
Secara umum, tujuan diadakannya acara ini adalah untuk membentuk pribadi yang tangguh, bertanggung jawab, berempati, dan memiliki jiwa melayani dalam seluruh aspek kehidupan secara terus menerus. Bentuk acara ini adalah dimana siswa tinggal dirumah penduduk desa peniwen dan mengikuti setiap kegiatan yang dilakukan oleh orang tua yang mereka tinggali. Mata pencaharian rata-rata penduduk peniwen sebagai petani dan peternak. Acara Live-In ini diselenggarakan selama 6 hari. Selain mengikuti kegiatan orang tua asuh siswa juga memberikan bimbingan belajar kepada siswa SMP YBPK peniwen dan olah raga bersama sebagai bentuk sosialisasi untuk menjalin kebersamaan siswa SMA MDC dan siswa SMP YBPK peniwen.
 

 
Written by: