Hidup Dalam Damai Sejahtera

Salah satu hal yang masih saya ingat waktu Sekolah Menengah Pertama dulu, ayah saya mempunyai kebiasaan tidur paling malam. Ia selalu mengecek pintu-pintu rumah, memastikan semuanya sudah terkunci dengan baik. Dengan demikian setiap malam ketika kami anak-anaknya beranjak tidur, kami dapat tidur dengan tenang, tidak perlu gelisah dan takut karena pasti semua pintu rumah sudah terkunci sehingga pencuri tidak akan mudah masuk ke rumah. Menurut ibu, kebiasaan ayah tersebut sudah berlangsung sejak mereka menikah, karena ayah mau memastikan bahwa seisi rumah dapat tidur dengan nyaman tanpa perlu kuatir ada pintu rumah yang masih belum terkunci.

Lebih dari rasa aman karena pintu rumah sudah dikunci dengan baik oleh karena kebiasaan yang dilakukan seorang ayah yang bertanggung jawab, Tuhan Yesus sebagai gembala yang baik telah bertindak untuk memelihara, menuntun dan melindungi umat-Nya dari segala marabahaya yang mengancam. Memastikan bahwa setiap umat-Nya dalam keadaan aman dan hidup dalam damai sejahtera. Firman Tuhan dalam Yeremia 29:11 berkata, “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.” Umat Tuhan yang menjalani kehidupan dalam rancangan Tuhan akan hidup dalam damai sejahtera yaitu hidup dengan memiliki jaminan masa depan yang pasti karena Tuhan, gembala yang baik, yang memelihara dan melindungi umat-Nya. Ketika menghadapi krisis atau tantangan hidup yang menakutkan, setiap orang percaya dapat memegang janji Tuhan bahwa dalam perlindungan-Nya umat Tuhan tetap dapat hidup dalam damai sejahtera. Dengan hidup dalam perlindungan Tuhan yang sempurna, umat Tuhan akan hidup dalam damai sejahtera dan memiliki hari depan yang penuh harapan.

Renungan dan Penerapan

  1. Dengan hidup dalam perlindungan Tuhan yang sempurna, apakah yang akan dialami oleh orang percaya?
  2. Menurut Anda, apakah yang menyebabkan orang percaya memiliki jaminan masa depan yang pasti?

Pokok-pokok Doa

  1. Bersyukur kepada Tuhan Yesus yang mempunyai rancangan damai sejahtera dan yang memberikan hari depan yang penuh harapan dalam hidup Anda.
  2. Mohon pertolongan Roh Kudus agar Anda senantiasa mengalami kehidupan yang limpah dengan damai sejahtera.

 

Ir. Yusak Toto