,

Finish the Race, Not Just START it!

“I’m not alone, i’m not alone. You will go before me, You will never leave me!” sebuah penggalan pujian yang mengiringi pembacaan surat motivasi dari para guru SMA yang segaja ditulis untuk memberikan semangat para siswanya menghadapi ujian dalam kehidupannya. Tangisan harupun mengalir di sela-sela lagu dinyanyikan sambil membaca untaian kata-kata indah yang sarat dengan makna. Bagian tersebut di atas adalah salah satu proses yang disajikan oleh SMA Kristen Masa Depan Cerah sebagai program persiapan bagi siswa kelas 12 baik IPA maupun IPS untuk menghadapi ujian sekolah dan ujian nasional.

 

 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis-Jumat, 14-15 Januari 2016 di Villa Hermon, Pacet-Mojokerto. Apa saja yang dilakukan oleh para siswa diantaranya adalah:

  1. Ibadah pembukaan : Mr. Tri Setyanto
  2. praise and worship : Mr. Caesar Riza Rahardian
  3. Doa dan pengutusan : Maam Lidiawati Setiorahardjo
  4. Trend masa lalu dan masa kini : Maam Citra Srisatya dan Maam Dwi Wariyanti
  5. Sharing Alumni : Maam Kadek Riris Sinaga
  6. Komitmen dan Motivasi : Maam Liem Sioe Ie

“Pelaksanaan retret motivasi di tiap tahun selalu berbeda suasananya, tiap-tiap angkatan memiliki keunikan, keharuan, serta kemeriahan yang menggugah perasaan hati ini. Serasa seperti moment perpisahan saja di tiap kali kegiatan ini dilakukan” ujar Maam Sioe Ie.

Retret motivasi kali ini sedikit berbeda kemasannya dibanding tahun lalu. Pada sesi sharing alumni, tahun ini banyak sekali alumni yang menceritakan pengalamannya saat menghadapi ujian sekolah dan unas melalui video yang telah dibuat dimana mereka berkuliah. Demikian juga berkaitan dengan apa saja yang menjadikan mereka tetap menjunjung nilai-nilai kristiani saat berkuliah dimanapun mereka ditempatkan. Para alumni yang sharing diantara : Kevin Tancho (USA), Sergius Tadao, Jedidiah, Stella, Retnayu, Kelvin (Jakarta), Dinda Fuji (Surabaya), Ryoko Homma (Japan).”Saya bangga dengan para alumni yang menceritakan kisah mereka bagi adik-adiknya, kiranya kesaksian mereka mampu mengubahkan hati adik-adiknya untuk tetap bersandar kepada Tuhan Yesus,” tutur Maam Lidiawati ketika melihat video alumni diputarkan di hadapan siswa kelas 12.

 

 

Selain surat motivasi dari para guru, ada juga kotak surat motivasi yang sengaja dipersiapkan panitia untuk diisi oleh peserta siswa kelas 12. Surat motivasi ini ditujukan kepada teman-teman seangkatannya.”Saya sengaja menyempatkan menulis surat motivasi ini sebagai bentuk rasa kasih sayang kepada teman-teman saya karena mereka adalah bagian dari rencana Tuhan yang juga membuat saya berubah dari sesuatu yang buruk kepada sesuatu yang baik,”salah satu sharing peserta yaitu Andreas Alvin (12 IPA2).

 

 

Tiada kata lelah saat peserta memuji Tuhan. Seluruh anggota badan terus bergoyang, bahkan tak jarang membuat gerakan berlari bersama-sama memutari aula saat memuji Tuhan. Hal ini tidak hanya dilakukan oleh para peserta, akan tetapi guru-gurupun juga ikut berlari. Tanpa merasakan rasa lelah dan capek sekalipun. “Wow, sukacitanya luar biasa. Semangat on fire! Walau jari-jari ini terkelupas sekalipun, tidak akan terasa saat melihat anak-anak saya memuji Tuhan seperti kali ini. Roh memuji Tuhannya dahsyat!” Ungkap Mr. Caesar Riza Rahardian sambil memainkan gitar tanpa rasa lelah sekalipun.

 

 

Para guru berharap dan terus berdoa agar para siswa-siswi kelas 12 baik IPA maupun IPS, tetap dalam proses dan dalam lindungan Tuhan sehingga mereka dapat berhasil menempuh ujian sekolah, ujian nasional serta ujian-ujian lain dalam hidup mereka yang akan dihadapi di kemudian hari. “Saya berharap bisa lulus ujian sekolah serta ujian nasional nantinya. Saya tidak mau tinggal kelas, dan ingin senantiasa sukses bersama Tuhan Yesus. Teman-teman teruslah berjuang, semoga bisa mencapai semua yang diinginkan. Ingat, jangan pernah menyerah dan jangan meremehkan hal-hal sekecil apapun. Remember, youre not alone! God bless you,” harapan dari Angie Irawan (12 IPS).

Foto & berita : Tri Setyanto, S.Pd