,

Easter Celebration: Holy Spirit is Our Helper

Perayaan paskah tahun ini, yaitu tanggal 5 April 2014, digabungkan dengan Student fellowship yang diberi tema khusus, yaitu “Holy Spirit is our Helper”. Tujuannya adalah untuk menolong siswa mengetahui pribadi Roh Kudus, dan mendorong siswa untuk meminta hal-hal yang dijanjikan Tuhan yaitu mengirimkan Roh Kudus menolong mereka melakukan hal-hal yang benar.

Di bulan Maret sebelum merayakan paskah, SDKr. MDC mengadakan lomba dengan beberapa kategori seperti mewarnai gambar kebangkitan Yesus (untuk kelas 1 dan kelas 2), mewarnai dan menambahkan hiasan pada gambar kubur Yesus (Kelas 3 dan kelas 4), membuat diorama 3 dimensi tema paskah (kelas 5). Setiap kategori dikerjakan oleh siswa-siswa bersama yang tergabung dalam satu kelas. Hasil pekerjaan siswa ditampilkan di Mading sekolah. Pemenang lomba diumumkan pada acara paskah sekaligus diberikan hadiah. Beberapa kelas yang menjadi pemenangnya adalah Kelas 1B, Kelas 2A, Kelas 3C, dan Kelas 5B.

Selama ibadah perayaan paskah, semua siswa yang hadir mengikuti dengan penuh hikmat. Firman Tuhan yang disampaikan oleh Mr. Betuel bertemakan Holy Spirit is our Helper. Beliau menyampaikan firman dengan perumpamaan roller coaster. Ketika roller coaster mulai bergerak naik, kita begitu senang sama seperti ketika kita mengalami kebahagiaan atau sedang berada di puncak kesuksesan. Tetapi ketika rollercoaster sedang turun, kita akan berteriak karena tegang atau takut. Begitu juga ketika kita mengalami permasalahan, kita akan merasa takut, bahkan mungkin kita merasa tidak sanggup untuk menjalaninya. Setelah roller coaster turun, roller coaster tersebut akan berjalan mendatar dan mengulangi siklusnya kembali.

Kedua belas murid Yesus mengalami kebahagiaan ketika Yesus berada di tengah-tengah mereka dan ketika Yesus melalui jalan salib, murid-murid Yesus sangat ketakutan. Ketakutan mereka tidak berlangsung lama karena Yesus bangkit. Mereka begitu bersukacita ketika Yesus bangkit, tetapi ketika Yesus berkata bahwa Ia harus kembali pada Bapa, murid-murid Yesus sedih dan takut lagi. Yesus menjanjikan Roh Kudus sebagai penolong mereka sehingga mereka akan mengabarkan injil dengan berani. Roh Kudus juga diberikan kepada setiap manusia yang percaya kepada-Nya untuk menolong mereka menjadi saksi Kristus. 

Setelah firman selesai, setiap siswa diarahkan untuk menuiskan doa-doa di sebuah kartu doa yang sudah dipersiapkan panitia. Kartu doa tersebut ditempel di kelas agar siswa bisa membaca setiap hari dan mendoakan pokok doa tersebut. Kemudian akan menjadi kesaksian yang akan disampaikan pada student fellowship bulan Mei 2014. Selesai ibadah perayaan paskah, siswa mendapatkan gift paskah berupa kotak sepatu yang dibagikan oleh guru kelas.  

By: Ronni Shelena Sinaga, S.Pd.
Guru SD MDC