,

Chinese New Year Celebration 2015

Perayaan imlek SD Kristen MDC tahun ini diselenggarakan dengan sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya acara imlek diadakan hanya dengan adanya pohon angpao dan perjamuan kasih di setiap kelas, maka tahun ini pada hari rabu tanggal 18 Februari diadakan acara bersama yang di dalamnya terdapat penampilan dari setiap grade yang berkaitan dengan bahasa Mandarin.
 

 
Penampilan setiap grade antara lain: Grade 1 menyanyikan lagu anak-anak bahasa Mandarin, grade 2 membacakan puisi dan menyanyikan lagu, grade 3 membacakan puisi, grade 4 membacakan pantun Mandarin serta menyanyi, grade 5 dengan drama pantomimnya dan grade 6 menutup acara dengan menyanyikan lagu Mandarin berjudul tiantian hao tian (setiap hari adalah hari yang indah). Tujuan setiap grade menampilkan satu penampilan adalah agar para siswa dapat membagikan sesuatu yang memiliki nilai moral ataupun karakter bagi para siswa lainnya, seperti drama pantomim yang bercerita mengenai anak yang selalu membandingkan dirinya yang kemudian sadar, bahwa angpao yang banyak, baju merah baru tidaklah penting, yang penting adalah bagaimana kita dapat mensyukuri apa yang ada. Selain itu juga dapat memacu semangat belajar bahasa Mandarin para siswa. Persiapan acara imlek tahun ini berjalan cukup lancar, persiapan latihan yang dilakukan guru bahasa Mandarin dari setiap kelas juga dilakukan dengan cukup baik, tanpa ada kesulitan yang berarti.
 

 
Selain acara di atas, masih ada acara pengambilan angpao. Pengambilan angpao dilakukan  di pohon angpao yang terletak di gymnasium. Angpao telah di gantung di pohon angpao. Dalam angpao tersebut sudah diisi oleh nomor undian untuk ditukarkan dengan hadiah dan ayat alkitab. Siswa dengan antusias mengambil amplop angpao dan kemudian ditukar dengan hadiah yang sudah tersedia. Tidak lupa mereka juga mengucapkan “Gong Xi Fa Cai”.  Happy Chinese New Year!
 

 
Penulis:
 
ferdinand mandarin