,

BLOG of POE (Project of Entrepreneurship) Grade 7

SMPKr. MDC melaksanakan pembelajaran kreatif berupa Project Of Entrepreneurship (POE). Adapun kegiatan POE kali ini bertujuan menumbuhkan keterampilan siswa terhadap kemampuan mengolah bahan pangan berupa buah beserta hasil sampingnya dan peserta didik akan memiliki kesempatan menerapkan berbagai disiplin ilmu yang sudah terintegrasi secara utuh serta menjadi agen perubahan yang mampu mengedukasi dan menginspirasi komponen di  sekelilingnya.

Tahapan POE terdiri dari proses Eksploring, Planning, Doing, Communicating dan Reflecting dengan mengintegrasikan 5 mata pelajaran yaitu Prakarya, IPS, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dalam kegiatan ini setiap kelompok terdiri dari 8-9 siswa dengan menu buah pilihan yang terdiri dari pisang, semangka dan nanas. Pada tahap Doing dilakukan sebanyak 3 kali, siswa sudah mengolah buah tersebut dengan berbagai menu pilihan, diantaranya : “Smiggle Rainbow Juice”, tumis kulit semangka, minuman “JerNas” (Jeruk dan Nanas), selai kulit nanas, minuman yogurt pisang, brownise kulit pisang, juice semangka segar, manisan kulit semangka, pisang saus nanas, sirup kulit nanas, pancake pisang, dan es krim kulit pisang.

Sabtu, 8 Oktober kemarin merupakan puncak dari aktivitas para siswa, yakni mereka melakukan pengolahan produk sekaligus mempresentasikannya (tahap communicating) di depan orangtua masing-masing dalam bahasa Inggris (untuk dilakukan penilaian). Siswa-siswi kelas 7 telah membuktikan usaha dan daya juangnya sehingga dapat menghasilkan produk dan presentasi yang terbaik. Kiranya dengan tahap terakhir – Reflecting, para siswa akan lebih mengenali kemampuan serta diharapkan dapat menelurkan ide kreativitasnya dengan menghasilkan berbagai produk inovasi pada kesempatan berikutnya.

More image please visit https://www.facebook.com/mdc.schools or follow our instagram #mdcschool

By: Yunita Sitorus