,

Belajar Sambil Menikmati Kesejukan Kebun Teh

Hari Kamis, 3 September 2015 siswa-siswi kelas 2 SDKr. Masa Depan Cerah sejumlah 52 siswa dan guru pendamping sebanyak 13 orang mengadakan kegiatan belajar di luar area sekolah atau Study Tour di Wisata Agro Wonosari – Lawang. Perjalanan menuju Wisata Agro Wonosari memerlukan waktu sekitar 2 jam karena berada di luar kota tepatnya di kabupaten Malang.
 
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa melalui aktifitas yang mereka lakukan selama berada di lokasi study tour serta membawa siswa ke dalam situasi yang santai dan menyenangkan, sekaligus siswa dapat lebih memahami materi yang telah mereka pelajari di dalam kelas.
 


 
Lokasi kegiatan Study Tour dilaksanakan di Wisata Agro Wonosari – Lawang, karena di tempat tersebut siswa diharapkan mampu mengamati secara langsung proses pembuatan teh, mengenal tumbuhan, dan bekerja sama dengan baik dalam kelompok. Wisata Agro Wonosari atau lebih familiar dengan sebutan Kebun Teh Lawang merupakan sebuah lokasi dengan luas area 700 hektar.
 

 
Di tempat ini siswa-siswi kelas 2 SDKr. Masa Depan Cerah mengikuti beberapa kegiatan yang menyenangkan, seperti menyaksikan video cuplikan proses pemetikan teh, pembuatan, dan pengemasan teh sampai menjadi produk yang siap untuk dipasarkan serta mendengarkan penjelasan sejarah dan latar belakang penanaman teh di Lawang. Siswa-siswi juga diajak tour pabrik untuk melihat proses pembuatan teh dan penjelasannya serta tour kebun teh naik kereta kelinci.
 

 
Selain mengikuti kegiatan di atas, siswa-siswi dapat menikmati teh, snack dan makan siang yang telah disediakan oleh pihak Wisata Agro Wonosari. Setiap murid dan guru pun masing-masing mendapat 1 kotak teh Rolas yang di produksi sendiri oleh Wisata Agro Wonosari Lawang. Semua kegiatan Study Tour yang dilakukan di Kebun Teh Wonosari – Lawang berjalan dengan lancar dan siswa-siswi merasa sangat senang.
 

 
(By: Eveline Nathania – MDC Elementary Teacher)