,

Belajar Manfaat Energi Matahari

Matahari merupakan salah satu benda angkasa yang pasti sudah diketahui oleh para siswa kelas 4 SD Kr. Masa Depan Cerah. Sebagian besar pasti sudah pernah merasakan hangat dan panas teriknya matahari, namun belum tentu tahu bagaimana memanfaatkan energi matahari ini untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Oleh karena itulah, guru kelas 4 mengajak seluruh siswa kelas 4 SD Kr. Masa Depan Cerah untuk mengamati dan mempelajari bagaimana memanfaatkan energi matahari di PPLH (Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup) Seloliman, Trawas, Mojokerto. Dengan kegiatan study tour ini, diharapkan siswa kelas 4 dapat mengerti bagaimana memanfaatkan matahari untuk kebutuhan makhluk hidup sehari-hari dan apa saja alat-alat yang dipakai.

Hari Kamis, 1 September 2016 adalah hari yang sangat dinantikan oleh siswa untuk melakukan study tour ke PPLH. Pukul 07.00 siswa-siswi kelas 4 berangkat dari sekolah dengan naik bis  dan tiba di sana sekitar pukul 08.45. Saat di PPLH, kami disambut oleh tim dari PPLH dengan sukacita. Acara ini dimulai dengan mengajak kami bernyanyi bersama dan menampilkan yel-yel tiap kelompok. Kegiatan awal ini membuat siswa-siswa merasa antusias untuk mengikuti kegiatan selanjutnya. Lalu tim PPLH melanjutkan kegiatan dengan mengajak kami untuk mengamati dan mendengarkan penjelasan penggunaan energi matahari. Satu per satu alat-alat yang dipakai untuk memanfaatkan energi matahari dijelaskan. Alat-alat tersebut seperti solar box cooker untuk memasak makanan seperti pisang dan telur. Selain itu ada juga solar water heater yang dipakai sebagai pemanas air untuk mandi, mencuci, dan lain sebagainya. Selain itu, kami juga diajak untuk melihat proses penyaringan air limbah secara alami melalui tumbuh-tumbuhan yang disebut water threatment. Air limbah yang sudah disaring tersebut menjadi bersih dan dapat digunakan untuk kolam ikan, menyiram tanam-tanaman yang ada di sana, dan lain-lain. Setelah itu, 2 kelompok siswa diajak membuat miniatur solar box cooker dan 2 kelompok lagi membuat solar water heater yang dipandu oleh tim PPLH. Kemudian siswa dan guru makan siang bersama di resto PPLH sambil menikmati pemandangan alam dan hawa yang segar di sekitar tempat makan.

Sekitar pukul 13.00 para siswa kelas 4 bersama guru kembali ke sekolah. Sebelum pulang, kami tidak lupa untuk berpamitan pulang kepada pihak PPLH dan mengucapkan terimakasih pada mereka. Pukul 14.30 kami sampai di sekolah. Kami semua sangat senang karena mendapat pengalaman baru tentang cara memanfaatkan energi matahari dan mengetahui alat-alat yang digunakan untuk memanfaatkan energi matahari. (Ma’am Ida)