,

Bangga Dengan Budaya Indonesia: Memperingati Hari Batik Nasional – 2 Oktober

Batik adalah ekspresi budaya yang memiliki makna simbolis yang unik dan nilai estetika yang tinggi bagi masyarakat Indonesia. Keunikan yang indah itu merupakan salah satu pembentuk karakter bangsa Indonesia yang membedakan kita dengan bangsa lain sehingga dapat menjadi identitas dan jati diri bangsa. Batik juga memegang peran yang penting dalam perekonomian Indonesia sebagai salah satu penopang kekuatan ekonomi rakyat. Industri batik telah menyerap tenaga kerja yang sangat besar, dari proses pembuatannya hingga pemasarannya. Bahkan di era globalisasi sekarang ini, di dalam negeri batik memiliki pangsa pasar yang besar. Kreativitas pembatik dalam menciptakan pola, desain dan fungsi batik telah mampu bersaing dalam pasar nasional maupun global. 

Dua tahun lalu  Batik  sempat diakui sebagai warisan budaya oleh Malaysia. Namun oleh UNESCO akhirnya Batik dikukuhkan  sebagai warisan budaya milik Indonesia. Pemerintah  Indonesia mencanangkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Hal tersebut untuk menghormati dan mengingat pengukuhan batik sebagai “warisan budaya dunia milik Indonesia” oleh badan dunia PBB tersebut.
Untuk melestarikan sekaligus menumbuhkan rasa nasionalisme, maka kami ngin mengajak seluruh warga SDKr. MDC untuk memperingati Hari Batik Nasional dengan mengenakan pakaian batik di hari Rabu, 2 Oktober 2013.  Mari jadikan batik sebagai primadona di Tanah Air kita!
Selamat Hari Batik Nasional.