,

Aksimoe MDC 2019 – Save Our Earth Campaign, Car Free Day Raya Darmo Surabaya

Keseruan acara Kampanye Save Our Earth di Car Free Day Raya Darmo pada hari Minggu, 1 dan 8 September pagi ikut diramaikan oleh siswa-siswi kelas 11 IPA 1 (1/9/2019) dan 11 IPA 2 (8/9/2019) dari MDC Campus Surabaya. Poster-poster yang menarik dan banner-banner yang mengajak masyarakat Surabaya untuk peduli akan polusi udara dapat terlihat ditengah keramaian masyarakat kota Surabaya yang ada di Car Free Day.

Di tengah hiruk pikuk keramaian tersebut, rupanya siswa-siswi SMA MDC sedang melakukan sebuah kegiatan yang dikenal dengan nama AKSIMOE MDC. AKSIMOE MDC memiliki kepanjangan yaitu Aksi Kreatif Siswa-siswi Moeda Militan Disiplin dan Cakap. Dari namanya yang unik, sudah jelas tujuan siswa-siswi MDC, yaitu beraksi sebagai anak-anak generasi milenial yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya secara khusus mengenai menjaga bumi kita tercinta dari polusi udara.

Pagi hari, sekitar pukul 6 beberapa remaja berbaju hitam mulai memasang X-Banner bertuliskan Save Our Earth di depan KFC Darmo. Kemudian mereka membagi tugas memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang mengurangi polusi udara. Setelah kelompok sudah dibagi sesuai pos masing-masing siswa-siswi MDC mulai berkeliling di berbagai area Car Free Day. Mereka menghampiri secara pribadi maupun berkelompok masyarakat Surabaya di area Car Free Day dan mengajak masyarakat untuk peduli akan polusi udara. Selain menyampaikan pesan mereka juga memberikan sticker bagi masyarakat untuk ikut menyebarkan semangat anti polusi udara.

Setiap masyarakat yang diberi pesan memberi respon yang berbeda-beda. Ada yang sangat tertarik dengan pesan yang disampaikan, juga ada yang merasa kurang jelas atas pesan yang disampaikan. “Acara seperti Car Free Day ini sangat baik untuk dilakukan dan lebih baik lagi jika generasi muda mulai diajarkan untuk peduli akan lingkungan”, ucap Bapak Gigih salah satu peserta Car Free Day. Setelah berkampanye sekitar 1 jam, siswa-siswi MDC menuju ke Jalan Raya Darmo. Mereka dengan semangat membawa poster-posternya menyerukan pentingnya untuk peduli akan polusi udara. Sambil meneriakkan yel-yel,” MDC!!! Save our earth!!!” dengan penuh semangat dalam memekikkannya.

Kegiatan kampanye ini merupakan kolaborasi antara pembelajaran Personal Development Program (Pedevpro11) dan Biologi kelas 11. Keduanya berkolaborasi dari materi Pedevpro11 yaitu Communication dan Biologi tentang sistem pernafasan manusia, dimaksudkan kolaborasi ini menjadi sebuah projek yang mandiri dari anak-anak dalam penguasaaan materi yang berkaitan dengan respirasi manusia dan hubungannnya dengan polusi udara yang kemudian menjadi tanggungjawab mereka untuk dapat menyampaikan kepada masyarakat secara umum untuk dapat menjaga lingkungan khususnya dalam mengurangi polusi udara.

Keseruan dari kegiatan Aksimoe MDC 2019 ini dapat juga dilihat di instagram kelas 11 IPA yaitu aksimoe2019, aksimoeipa1. Kiranya dari kegiatan Aksimoe MDC ini, para remaja di kota Surabaya dapat terinspirasi untuk terus menjaga dan merawat bumi kita tercinta, khususnya kota Surabaya. MDC Cinta kota Surabaya.

 

Penulis : Marvin Madison M. (XI IPA1)

Foto : Mr. Tri Setyanto, dan Tim Dokumentasi Aksimoe MDC 2019