,

LSD Talk Show at MDC Senior High

SMA Kristen Masa Depan Cerah Surabaya melalui Progam Bimbingan dan Konseling dalam pemberian layanan informasi mempunyai kepedulian atas situasi dan realita perkembangan budaya yang semakin tidak mengenal batas. Bertepatan dengan rangkaian “Teens of the day” sebuah refreshing program yang diberikan bagi siswa-siswi kelas 10-12 sebagai momentum penting dalam menghayati dan mempraktekkan masa muda yang benar di mata Tuhan, maka diadakan Talk Show ”Love, Sex, and Dating”.

Talk Show ini sekaligus upaya implementasi pesan moral dari Kepala Diknas Kota Surabaya dalam upaya pencegahan anak-anak muda usia sekolah khususnya di kota Surabaya yang ditujukan sebagai bekal insan muda serta siapa pun dalam mengenal serta memasuki pergaulan dengan berlandaskan kesadaran dan tanggung jawab secara iman, moral, dan budaya di tengah maraknya komunitas berpola pikir bebas tanpa batas dalam segala aspek kehidupan. Talk Show yang dihadiri sekitar 268 partisipan ini, diadakan di Ruang Media lantai 4 di Gedung MDC Campus Citraland, Surabaya. Kegiatan ini diadakan pada hari Selasa, 14 Februari 2017.

mereka dengan tepat dan jelas.” Balas Dr. Paulus Rahardjo, SpRad-K, narasumber kepada guru yang yang mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan itu.

Keunikan dalam Talk Show kali ini adalah adanya sejumlah pertanyaan yang dibuat oleh seluruh siswa kelas 10-12 sebelum acara ini berlangsung dan terkumpul sejumlah 155 pertanyaan yang terbagi dalam kategori Love, sex dan dating. Lalu pertanyaan tersebut diberikan kepada narasumber yaitu Dr. Paulus Rahardjo, SpRad-K didampingi oleh istrinya yaitu Ibu Linda Rahardjo. Bisa dibayangkan kepolosan dan kejujuran para siswa ketika mereka diminta untuk menuliskan sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan LSD ini. “Saya tidak tahu apa yang harus ditanyakan, malu saya Mr. Kok sepertinya tabu berbicara tentang seks ini ya!” tutur salah satu siswa yang sedikit malu ketika diminta untuk membuat pertanyaan. Namun berbeda dengan siswa yang lainnya yang justru tidak malu bahkan secara jujur menuliskan pertanyaannya,” Kenapa saya JONES? Apakah ini kutukan?” ada juga yang menuliskan,”Saya lihat di youtube, ASAPSCIENCE, masturbasi punya banyak keuntungan apa pendapat anda?”. ”Mereka telah membuat pertanyaan secara jujur, maka sayapun berkewajiban memberikan informasi atau jawaban dari semua pertanyaan

Kemasan talkshow kali ini sangat berbeda dengan talkshow sebelum-sebelumnya. Disamping talkshow juga ditampilkan performance dari siswa, juga dari PANUT Band perpaduan antara guru dan alumni yang terdiri dari Mr. Tri Setyanto (vocal), Mr. Caesar Riza Rahardian (guitar), Mr. Petra Wahyu Utama (Bass), Mr. Andre Jayadi (Keybord) dan Kelvin Jonathan Tjandra (alumni). Selain itu juga ada beberapa penampilan musik band dan akustik dari siswa.

Pemaparan tentang ”Love, Sex, and Dating” yang diuraikan oleh Dr. Paulus Rahardjo, SpRad-K dalam catatan oleh beberapa siswa yang mendengarkan secara langsung saat talkshow diantaranya :

  • Stefanny Andrea Wiliana, Christabel Olivia Liep XI IPA1 :

Dasar konsep tentang Love Sex Dating, manusia diciptakan laki-laki dan perempuan sesuai dengan gambar Allah. Laki-laki dan perempuan secara fisik, mental, hormon dan lain-lain sangat berbeda satu dengan yang lainnya. Kejadian 2:22&25,”Laki-laki meninggalkan ortunya dan menikah dengan perempuan itu”. Kejadian 1:28,”Manusia itu diberkati Tuhan”. Kita dapat membuat taman eden sendiri, dengan memiliki hubungan yang baik antara satu dengan lainnya. Hubungan yang lebih mendalam antara dua insan manusia ini harus didasarkan atas Firman Tuhan. Tuhan menciptakan cinta, gairah, dan dorongan seksual agar terbentuk sebuah keluarga yang sesuai dengan Firman Tuhan, yaitu beranak cucu dan memenuhi bumi ini.

  • Gabriela Angie, David Sebastian XI IPA2 :

Apakah itu Cinta? Tuhan menciptakan rasa cinta sangat kuat dari laki-laki dan perempuan, karena ada hormon yanng membuat kita tertarik juga terdapat rasa tanggungjawab diantara keduanya. Eros : Cinta antara laki-laki dan perempuan (cinta karena nafsu), Storge/Filia : Cinta antara keluarga (rasa care, bijaksana, tanggungjawab), Filadelphia : Kasih persaudaraan, Agape : kasih Allah pada manusia (cinta yang dilakukan dengan sebuah pengorbanan yang tak tergantikan).

  • Jessica X IPS2 menuliskan dalam catatannya :

Guideline Pacaran : Date to Mary, Quick dating4in 3 months, choose to take or leave!

  1. Mau sama kamu
  2. Open your eyes
  3. Bisa menerima apa adanya
  4. Leave whats bad!
  5. Menggali latar belakang
  6. Look to the future

       “Sex is couple not solo!” Do Social Date! Dating – Do not touch! Make Jesus proud!

  • Theresia MK, Leonny Surya XI IPS2 :

Kenapa sex before marriage tidak boleh? Sex harus memiliki kejelasan status sebagai suami dan istri yang sah dan diberkati oleh Tuhan. Seks itu kudus, tidak ada yang kotor. Maka setiap umat manusia wajib untuk memelihara kesuciannya masing-masing hingga waktunya tiba (marriage).

“Dalam prosesnya setiap siswa maupun siswi memiliki antusiame yang tinggi ketika mengikuti kegiatan tersebut, terbukti ada banyak siswa yang mencatat dengan baik dan lengkap. Kemudian para siswa juga berfokus dengan baik mendengarkan dan memperhatikan kedua narasumber ini. Semoga kegiatan ini memberikan bekal bagi para siswa-siswi agar memagari dan membekali dirinya dari konsep yang keliru mengenai Love, Sex, Dating ini sehingga tetap bisa menjaga kekudusan mereka”. Papar Maam Margareth Ayu Anggraeni (wali kelas XI IPS1).

Berita oleh : Mr. Tri Setyanto (konselor) Foto oleh : Mr. Thomas (PR Dept.), Frederick Lee, E. Abraham (MDC Jurnalists)