,

RETRET MOTIVASI KELAS 12 SMA KRISTEN MASA DEPAN CERAH SURABAYA “FINISHING WELL”

Retret Motivasi di tahun 2017 ini memiliki lagu tema,“Kau membuatku sesuai rencanaMU, Kau memegang stiap musim hidupku. Kuserahkan smua kekuatiranku. KumilikMu!” sebuah penggalan pujian yang mengiringi beberapa kali sesi dan pembacaan surat motivasi dari para guru SMA yang segaja ditulis untuk memberikan semangat para siswanya menghadapi ujian dalam kehidupannya. Tangisan harupun mengalir di sela-sela lagu dinyanyikan sambil membaca untaian kata-kata indah yang sarat dengan makna. Bagian tersebut di atas adalah salah satu proses yang disajikan oleh SMA Kristen Masa Depan Cerah sebagai program persiapan bagi siswa kelas 12 baik IPA maupun IPS untuk menghadapi UN dan USBN serta ujian lainnya sebelum beranjak studi lanjut yang lebih tinggi.
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis-Jumat, 12-13 Januari 2017 di Villa Hermon, Pacet-Mojokerto. Apa saja yang dilakukan oleh para siswa diantaranya adalah:
a.      Ibadah pembukaan : Mr. Francisco Jonathan Massy
b.      praise and worship  : Mr. Caesar Riza Rahardian dan Mr. Tri Setyanto
c.       Doa dan pengutusan : Maam Lidia CSES
d.      Informasi UN dan USBN : Maam Kadek Riris Sinaga
e.      Sharing Alumni : Maam Purwestri Sabatlila dan Maam Citra Srisatya
f.        Komitmen dan Motivasi : Maam Liem Sioe Ie
Pada kesempatan di tahun 2017 ini, suasana sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan cuaca di Pacet kali ini sangat dingin dan banyak hujan. Khususnya ketika materi di hari pertama disampaikan suara gemuruh hujan di luar mengalahkan suara sound yang ada di dalam aula. Namun semangat untuk memuji dan menyembah Tuhan tetap terbakar tidak berkurang sekalipun.
“Pelaksanaan retret motivasi di tiap tahun selalu berbeda suasananya, tiap-tiap angkatan memiliki keunikan, keharuan, serta kemeriahan yang menggugah perasaan hati ini. Serasa seperti moment perpisahan saja di tiap kali kegiatan ini dilakukan” ujar Maam Sioe Ie.
Pada sesi sharing alumni, tahun ini banyak sekali alumni yang menceritakan pengalamannya saat menghadapi ujian sekolah dan unas melalui video yang telah dibuat dimana mereka berkuliah. Para alumni yang sharing diantara : Kevin Tancho (USA), Jedidiah, Stella, Retnayu, Kelvin (Jakarta), Ryoko Homma (Jepang), Dinda Fuji (Surabaya), Andreas Alvin (Jerman), Christ Cindy  (Canada) dan Felicia Inneke (Surabaya). Para guru membuat surat motivasi bagi anak-anaknya, selain itu ada juga kotak surat motivasi yang sengaja dipersiapkan panitia untuk diisi oleh peserta siswa kelas 12. Surat motivasi ini ditujukan kepada teman-teman seangkatannya. Satu kalimat yang menggema di aula adalah ketika Clyde Morita Halim mengatakan,”Guys, I will miss you all!” Kontan para siswa menatap dengan penuh haru. Ditambah lagi ketika Michael Ting mengatakan bahwa dia sangat diberkati oleh Tuhan yang memberikan teman-teman yang luar biasa sekalipun sering dikerjai tapi dia menganggap itu salah satu bentuk perhatian yang unik dari teman-temannya. Dan diapun tidak merasa dirugikan olehnya, karena dengan begitu dapat melatih penguasaan diri serta mentalitas dalam berteman katanya. “Saya senang berada di SMA MDC kalian semua perhatian satu dengan yang lainnya, walaupun saya tidak membuat surat untuk kalian semuanya. Tapi banyak teman-teman yang perhatian terhadap saya. Saya terharu, terima kasih teman-teman,” ungkap Standy Tjandra saat mengemukakan kesannya di hadapan teman-temannya.
Para guru berharap dan terus berdoa agar para siswa-siswi kelas 12 baik IPA maupun IPS, tetap dalam proses dan dalam lindungan Tuhan sehingga mereka dapat berhasil menempuh ujian sekolah, ujian nasional serta ujian-ujian lain dalam hidup mereka yang akan dihadapi di kemudian hari. Sukses selalu untuk kelas 12. Tuhan beserta kalian semuanya, UN dan USBN ada dalam tangan Tuhan. Mari mengandalkan Tuhan dan berpengharapan hanya kepadaNya.
(Berita : Tri Setyanto, S.Pd  dan Foto : Thomas Agustinus)