,

1St Place on Elyon Cup Futsal Tournament

Tim Futsal SDKr. Masa Depan Cerah Surabaya kembali mencatat prestasi membanggakan. Turun dalam semua kategori yang dipertandingkan (upper dan lower class), mereka berhasil menjadi juara 1 dalam Turnamen Futsal Elyon Cup yang berlangsung pada tanggal 19 – 20 Januari 2017.

Bertanding di kategori upper class, Jose dkk berhasil mengandaskan perlawanan Gloria III dengan skor telak 4 – 1 di fase awal. Di semifinal mereka berhasil menumbangkan tim tuan rumah Elyon dengan skor meyakinkan 2 – 0. Selanjutnya tim kita sudah ditunggu Mawar Sharon Christian School di babak grandfinal.

Di babak grandfinal inilah semangat bertanding para pemain MDC benar-benar mendapatkan ujian. Sempat tertinggal 0 – 1 di babak pertama, tim futsal kita berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan deflection Dante. Skor pun berubah menjadi 1 – 1. Pertandingan tetap sama kuat dan harus diselesaikan melalui adu tendangan penalti.Dalam babak ini terlihat bahwa para pemain MDC lebih siap secara mental. Kemenangan dramatis pun dapat diraih dengan skor akhir 3 – 2.

Kemenangan Tim Futsal MDC untuk kategori upper class agaknya melecut semangat Kenzi dkk yang bertanding di kategori lower class yang menggunakan format round robin segitiga. Setelah menumbangkan tuan rumah Elyon dengan skor tipis 1 – 0, tim kita berhasil mencatat kemenangan besar 5 –  1 melawan tim Mawar Sharon Christian School Kita pun menjadi juara!
 


 
Keberhasilan Tim Futsal SDKr. Masa Depan Cerah ini tidak dicapai secara instant, teetapi merupakan buah pembinaan jangka panjang dari beberapa jenjang usia. Melalui pembinaan secara komprehensif dan terukur, diharapkan agar SDKr. Masa Depan Cerah terus menghasilkan para pemain futsal berbakat yang siap diterjunkan di berbagai turnamen.

TIM FUTSAL SDKr. MASA DEPAN CERAH

Upper Class Category Lower Class Category
Alviano Reagan Hartanto

Benedict Nathanael Gunawan

Gabriel Ferdinand Tungka

Gabriel Nathan Joaquin

Gregorius Constantine Koe Dante Prasodjo

Joseph Thadeus Abednego

Jose Rafael Wijaya (Captain)

Kim Young Tac

Otniel Desean Fitz Gunawan

Roand Ferrel Shakkawijaya

 

Mr. Rendra Permadi, S.Pd. (coach)

Dexter Li Poriz

Eben Soenjoto

Frenno Nymmo Shakkawijaya

Judea Richard Wijaya (Captain)

Kenzi Wang Goenawan

Michael Halim

Nabasa Rinaltra Simanungkalit

Nelson Natahadjaja

Rhys Idnerth Conrad Hubert Salindeho

William Edward Meyer

 

Mr. Januar Ekvan Kristiono, S.Pd. (coach)

 

DATA DAN FAKTA

UPPER CLASS CATEGORY

Pertandingan Skor Pencetak Gol Keterangan
MDC vs GLORIA III 4 – 1 Roand Ferrel Shakkawijaya (2)

Otniel Desean Fitz Gunawan (2)

 

The 1st Round
ELYON vs MDC 0 – 2 Gabriel Ferdinand Tungka (2) Semifinal

 

MDC vs MSCS 1 – 1

Penalty shootout

2 – 1

Gregorius Constantine Koe Dante Prasodjo

 

Penalty shootout

Kim Tac

Roand Ferrel Shakkawijaya

 

Grandfinal

 

LOWER CLASS CATEGORY

Pertandingan Skor Pencetak Gol
ELYON vs MDC 0 – 1 Kenzi Wang Goenawan

 

MDC vs MSCS

 

5 – 1 Rhys Idbert Conrad Hubert Salindeho (2)

Kenzi Wang Goenawan

Judea Richard Wijaya

Frenno Nymo Shakkawijaya

,

Be Responsible At Sari Roti

Hari Kamis, 25 Agustus 2016 siswa-siswi kelas 3 SDKr. Masa Depan Cerah sebanyak 55 orang dan guru pendamping sebanyak 10 orang mengadakan kegiatan belajar di luar area sekolah atau Study Tour  di PT. NIPPON INDOSARI KORPINDO, Tbk. — Pasuruan. Perusahaan tersebut merupakan pabrik yang memproduksi roti dengan merk dagang Sari Roti. Kegiatan dilakukan di lokasi tersebut agar siswa dapat belajar tentang pengolahan limbah. Kemudian siswa dapat terapkan dalam kegiatan POE di kelas yaitu membuat projek yang tidak mencemari lingkungan.

Pada pukul 07.30-08.00 WIB, siswa dipersiapkan lebih dahulu di kelas masing-masing sebelum berangkat. Semua siswa kelihatan bersemangat setelah mendengar akan berangkat bersama menggunakan bus. Siswa-siswi berangkat pukul 08.00 WIB. Perjalanan menuju Sari roti memerlukan waktu sekitar 1,5 jam karena berada di luar kota tepatnya di kabupaten Pasuruan. Pada pukul 09.15 bus tiba di Sari Roti.

Sesampainya di sana siswa-siswi diarahkan ke sebuah aula. Lalu, mereka mendengarkan presentasi tentang berbagai produk Sari Roti, selama 20 menit. Kemudian mereka diajak keliling pabrik untuk mengamati proses pembuatan berbagai produk Sari Roti dan mendengarkan penjelasannya dari salah seorang pemandu. Mereka juga mengerjakan beberapa pertanyaan pada Lembar Kerja Siswa yang disediakan.

Setelah mengikuti kegiatan di atas, siswa-siswi kembali ke aula untuk menyampaikan kesan dan pesan kepada pihak Sari Roti. Semua kegiatan pun selesai, siswa-siswi kemudian mengucapkan terimakasih. Sebelum pulang setiap siswa-siswi dan guru mendapat 1 paket Sari Roti dengan 3 macam produk di dalamnya. Semua kegiatan Study Tour yang dilakukan di Sari Roti – Pasuruan berjalan dengan lancar dan siswa-siswi merasa sangat senang.

Tepat pukul 11.00, semua siswa dipersiapkan masuk ke dalam bus menuju alun-alun kota Bangil. Sesampainya di sana, rombongan siswa dan guru makan siang bersama di sebuah pendopo. Pukul 12.30 rombongan bersiap-siap masuk lagi ke dalam bus, dan pulang. Dalam perjalanan, beberapa siswa-siswi tampak senang sekali, karena mereka bisa menceritakan pengalaman mereka masing-masing kepada teman-temannya. Semua rombongan sampai di sekolah pukul 14.00.

PIC Study Tour/Grade Leader Gr. 3
Shelena S.,S.Pd.

,

Belajar Manfaat Energi Matahari

Matahari merupakan salah satu benda angkasa yang pasti sudah diketahui oleh para siswa kelas 4 SD Kr. Masa Depan Cerah. Sebagian besar pasti sudah pernah merasakan hangat dan panas teriknya matahari, namun belum tentu tahu bagaimana memanfaatkan energi matahari ini untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Oleh karena itulah, guru kelas 4 mengajak seluruh siswa kelas 4 SD Kr. Masa Depan Cerah untuk mengamati dan mempelajari bagaimana memanfaatkan energi matahari di PPLH (Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup) Seloliman, Trawas, Mojokerto. Dengan kegiatan study tour ini, diharapkan siswa kelas 4 dapat mengerti bagaimana memanfaatkan matahari untuk kebutuhan makhluk hidup sehari-hari dan apa saja alat-alat yang dipakai.

Hari Kamis, 1 September 2016 adalah hari yang sangat dinantikan oleh siswa untuk melakukan study tour ke PPLH. Pukul 07.00 siswa-siswi kelas 4 berangkat dari sekolah dengan naik bis  dan tiba di sana sekitar pukul 08.45. Saat di PPLH, kami disambut oleh tim dari PPLH dengan sukacita. Acara ini dimulai dengan mengajak kami bernyanyi bersama dan menampilkan yel-yel tiap kelompok. Kegiatan awal ini membuat siswa-siswa merasa antusias untuk mengikuti kegiatan selanjutnya. Lalu tim PPLH melanjutkan kegiatan dengan mengajak kami untuk mengamati dan mendengarkan penjelasan penggunaan energi matahari. Satu per satu alat-alat yang dipakai untuk memanfaatkan energi matahari dijelaskan. Alat-alat tersebut seperti solar box cooker untuk memasak makanan seperti pisang dan telur. Selain itu ada juga solar water heater yang dipakai sebagai pemanas air untuk mandi, mencuci, dan lain sebagainya. Selain itu, kami juga diajak untuk melihat proses penyaringan air limbah secara alami melalui tumbuh-tumbuhan yang disebut water threatment. Air limbah yang sudah disaring tersebut menjadi bersih dan dapat digunakan untuk kolam ikan, menyiram tanam-tanaman yang ada di sana, dan lain-lain. Setelah itu, 2 kelompok siswa diajak membuat miniatur solar box cooker dan 2 kelompok lagi membuat solar water heater yang dipandu oleh tim PPLH. Kemudian siswa dan guru makan siang bersama di resto PPLH sambil menikmati pemandangan alam dan hawa yang segar di sekitar tempat makan.

Sekitar pukul 13.00 para siswa kelas 4 bersama guru kembali ke sekolah. Sebelum pulang, kami tidak lupa untuk berpamitan pulang kepada pihak PPLH dan mengucapkan terimakasih pada mereka. Pukul 14.30 kami sampai di sekolah. Kami semua sangat senang karena mendapat pengalaman baru tentang cara memanfaatkan energi matahari dan mengetahui alat-alat yang digunakan untuk memanfaatkan energi matahari. (Ma’am Ida)

,

1st Place on SNA Futsal Competition 2016

Tim Futsal SDkr. MDC kembali mencatat prestasi yang menggembirakan. Tim asuhan Coach Januar Ekvan Kristiono ini berhasil menjadi kampiun dalam Turnamen Eksebisi Futsal yang diselenggarakan oleh Singapore National Academy pada tanggal 19 Agustus 2016. Dalam turnamen yang dikhususkan bagi para siswa kelas 1 – 3 tersebut tim futsal sekolah kita berhasil mengandaskan perlawanan hebat Tim Futsal SD Muhammadiyah 4 dan Tim Futsal Singapore National Academy.

Di pertandingan awal, Tim Futsal SDKr. MDC berhadapan dengan Muhammadiyah 4. Meskipun kalah dari sisi postur tubuh, tim asuhan Coach Januar Ekvan Kristiono tetap tampil ofensif dan spartan. Sebiji gol yang dilesakkan oleh Rhys Salindeho mampu memberikan kemenangan penting bagi tim futsal kita.

Pada pertandingan berikutnya, tim kita harus berhadapan dengan tim tuan rumah, SNA, yang pada pertandingan sebelumnya juga mampu mengalahkan Muhammadiyah 4 dengan skor tipis 3 – 2. Sempat tertinggal  satu gol, Tim Futsal Masa Depan Cerah berhasil melakukan come back manis melalui sepasang gol yang dicetak oleh kapten tim Kenzi Wang Goenawan dan supersub William. Skor 1 – 2 untuk keunggulan MDC bertahan sampai peluit akhir.

MDC pun jadi juara ….!

Oleh: Mr. Rudy Irawan

Thanksgiving Night at MDC Elementary: It’s not About Me

Akhir tahun ajaran 2015-2016 akhirnya terlampaui. Bukan karena kuat dan gagah kami, tetapi karena semata pertolongan Tuhan. Kami mengucap syukur atas penyertaan-Nya yang sempurna selama satu tahun ajaran. Ungkapan syukur tersebut kami wujudkan dalam pagelaran Thanksgiving Night dengan tajuk It’s Not About Me yang dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Juni 2016. Tidak terlalu berbeda dengan Thanksgiving tahun sebelumnya, pagelaran ini diisi dengan pujian, drama, dan tari-tarian.

Pukul 14.00 siswa yang terlibat dalam pengisi acara Thanksgiving Night sudah tiba di Pakuwon Ballroom Family Club. Mereka harus mempersiapkan diri dengan serangkaian make up serta kostum. Setengah jam sebelum acara dimulai, seluruh siswa diminta untuk foto bersama berdasarkan kelas mereka masing-masing.

Tepat pukul 17.00 Thanksgiving Night dibuka dengan tarian hip hop, sambutan, dan doa yang dipimpin oleh Kepala SDKr. MDC. Dilanjutkan dengan mengajak semua hadirin untuk mengangkat pujian syukur bagi Tuhan yang dipimpin oleh Mr. Joseph dan Ma’am Crystal. Sebelum masuk inti acara yaitu drama It’s Not About Me, seluruh siswi kelas 4 membukanya dengan tarian balet yang diiringi lagu Besar Setia-Mu.

Drama It’s Not About Me, bercerita tentang sekelompok agen rahasia yang berusaha menemukan pencuri relik kuno Alkitab aksara Jawa. Dalam usahanya, mereka menyadari bahwa mereka memerlukan Tuhan untuk menolong mereka. Ma’am Lidia sebagai school pastor memberikan kesimpulan dari drama tersebut. Seluruh tamu hadir di Thanksgiving Night turut diingatkan, bahwa semua orang membutuhkan Tuhan dalam hidupnya. Pagelaran Thanksgiving Night berakhir pukul 19.30 yang ditutup dengan doorprize dan pengumuman. Sampai jumpa di Thanksgiving Night tahun depan. Tuhan Yesus memberkati.

Penulis:

,

Overall Program for Parents at MDC Elementary

Memasuki tahun ajaran yang baru, SD MDC merasa perlu untuk menjalin komunikasi yang lebih baik dengan pihak orangtua. Tujuannya adalah untuk membentuk kesepahaman mengenai segala kegiatan pembelajaran yang dilakukan di SD MDC selama 1 tahun ke depan. Itu sebabnya, SD MDC mengadakan kegiatan overall program untuk seluruh orangtua murid SD MDC.
 


 
Kegiatan overall program untuk seluruh orangtua murid SD MDC diadakan pada hari Jumat, 22 Juli 2016. Kurang lebih dua ratus orangtua murid SD MDC hadir memenui ruang gymnasium tempat overall program diadakan. Dalam overall program tersebut, Ibu Lany selaku Kepala Sekolah SD MDC menjelaskan tentang Visi Misi Sekolah MDC beserta kurikulum pembelajaran yang diterapkan di SD MDC.
 

 
Dalam overall program tersebut, turut hadir pula Ibu Dhani selaku Ketua Yayasan Cahaya Harapan Bangsa (YCHB) yang menjadi pembicara materi khusus orangtua, yakni “Delapan Pilar Keluarga”. Materi yang dibawakan sangat memberkati orangtua murid, dimana delapan pilar yang dijelaskan akan membantu setiap orangtua untuk membentuk keluarga yang kokoh secara kristiani. Acara overall program ini diakhiri dengan penjelasan guru kelas kepada orangtua murid masing-masing di dalam ruang kelas.
 

 
By: Joseph Heryawan

 

 

,

First Day School at MDC Elementary

SD Kristen Masa Depan Cerah memulai kembali aktivitasnya untuk tahun ajaran 2016-2017. Tanggal 19 Juli 2016 adalah hari pertama setiap siswa SD MDC masuk sekolah untuk memulai tahun ajaran yang baru. Namun, hari pertama tidak dimulai dengan proses pembelajaran reguler di dalam kelas, melainkan penyambutan siswa baru kelas 1. Selain itu, setiap siswa SD MDC juga didoakan oleh guru kelas mereka masing-masing.
 


 
Prosesi penyambutan siswa SD MDC kelas 1 dimulai dengan dikumpulkannya semua siswa kelas 2-6 di ruang gymnasium lantai 4 terlebih dahulu. Sementara itu, seluruh siswa kelas 1 dengan didampingi oleh guru kelas mereka naik perlahan dari lantai 1. Setibanya di atas, siswa kelas 1 disambut dengan confetti dan nyanyian mars Sekolah MDC oleh guru dan siswa SD MDC yang lain.
 

 

 
Setelah sambutan kelas 1 selesai, Mam Lany selaku Kepala Sekolah SD MDC memberikan kata sambutan dan memperkenalkan personel guru SD DMC satu per satu. Tidak ketinggalan juga diperkenalkan anggota Yayasan Cahaya Harapan Bangsa (YCHB) yang menaungi Sekolah MDC, anggota Parents Teachers Association (PTA), beserta orangtua lain yang hadir.
 

 
Acara berlanjut dengan didoakannya guru-guru yang ada dengan minyak urapan. Setelah itu, guru-guru yang sudah didoakan turut mendoakan setiap siswa SD MDC yang hadir. Kami memercayai bahwa segala sesuatu yang dimulai dengan doa akan memiliki dampak yang besar pada akhirnya. Itu sebabnya, sepanjang tahun ajaran 2016-2017 kami mengimani bahwa penyertaan Tuhan ada atas SD MDC dan setiap orang yang ada di dalamnya.
 

 
Acara hari pertama masuk sekolah di SD MDC ditutup dengan games yang menarik dan juga orientasi di kelas masing-masing oleh guru kelas. Selamat memulai tahun ajaran yang baru untuk setiap siswa SD MDC. Tuhan Yesus memberkati kalian semua.
 

 
By: Joseph Heryawan
 

,

MDC Badminton Competition On The Move

Bulu tangkis adalah salah satu cabang olahraga yang sudah menjadi primadona di tengah masyarakat Indonesia. Banyak prestasi yang diukir melalui cabang olahraga ini di ajang internasional yang sudah mengangkat harga diri bangsa dan negara. Dalam upaya untuk menemukan bibit-bibit potensial dan juga untuk lebih memperkenalkan cabang olahraga bulu tangkis kepada para siswa, maka sekolah mengadakan kompetisi bulu tangkis antarsiswa SDKr. Masa Depan Cerah Surabaya.
 


 
Ajang bertajuk MDC Badminton Competition diikuti oleh para siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bulu tangkis dan juga para siswa lain yang memiliki bakat dan dan minat dalam cabang olahraga bulu tangkis. Meskipun masih bersifat internal namun hal tersebut tidak mengurangi antusiasme peserta dan juga penonton yang menyaksikan turnamen yang berlangsung di Gymnasium SDKr. Masa Depan Cerah tersebut.
 

 
Keluar sebagai juara pertama dari turnamen ini adalah Alviano Reagan Hartanto. Di babak final, siswa kelas 4 yang juga juara taekwondo nasional dan pemain futsal itu  berhasil mengandaskan perlawanan Ricardo Harding dari kelas 5 melalui partai rubber set yang berlangsung secara dramatis.
 

 

 
Untuk ke depannya, Mr. Januar Ekvan Kristiano selaku ketua panitia dan penggagas acara berharap agar kegiatan internal ini dapat menjadi agenda tetap dari sekolah. Di samping itu direncanakan pula agar bulu tangkis dapat dipertandingkan dalam kegiatan MDC CUP yang melibatkan peserta-peserta dari sekolah lain. Bila selama ini SDKr. Masa Depan Cerah dikenal melalui prestasi di bidang futsal dan basketball, maka cabang bulu tangkis diharapkan menjadi satu alternatif olahraga prestasi baru yang dapat semakin mengharumkan nama sekolah.
 

 
Oleh: Rudy Irawan

,

Another First Time in MDC Elementary School

For the first time, there was a collaboration of all the languages that are being taught in MDC Elementary Department. The idea was conceived when Ma’am Brenda, Supervisor of Bahasa Indonesia, asked Mr. Knoel, English Supervisor (Grades 4- 6), of a joint celebration and program. It wasn’t a bad idea at all, though it took them months in planning and preparing the students. Of course there was a little conflict of the schedule of the students joining in both competitions, but they were managed to pass the rough times and so BahaSpeech was born.

Everyone in the department was busy as bees last April 9, 2016 where the BahaSpeech was held at the IMAGE Visual Theater of Benih Kasih Building. The Mandarin teachers showcased the talents of their students in singing and performing drama, while Mr. Bayu, our Bahasa Jawa teacher, showed his expertise in playing the WAYANG by teaching his student Mahalaleel of Grade 6B. Many parents showed their support to their children and watched the program. There were also booths selling food and beverages on the ground floor. Everyone was happy and so we say it was a success!

Three categories were formed for the program, Category A for Grades 1 and 2, Category B for Grades 3 and 4 and Category C for Grades 5 and 6. Each category took turns in the program. For English, there was a Choral Recital for groups and Show and Tell for the individual contest in Category A. Group Singing and Story Telling for Category B, and Speech Choir and Preaching Contest for Category C. The students all did well and some even performed beyond expectations. The following are the winners in the said contests:

Category A:

Show and Tell

1st Place: Davian Osvaldo Nyoto (1A)

2nd Place: Kenzi Wang Gunawan (2A)

3rd Place: Gregory Russell Yuwono (1B)

Choral Recital:

1st Place: Grade 2C

2nd Place: Grade 2A

 

Category B:

Story Telling Contest

1st Place: Valerie Ivana Limyanto (3B)

2nd Place: Jeremy Chrisandy Mulya (4B)

3rd Place: Andrea Joellen Soebijantoro (4B)

Group Singing:

1st Place: Grade 4B

2nd Place: Grade 4A

 

Category C:

Preaching Contest:

1st Place: Jose Rafael Wijaya (5A)

2nd Place: Michelle Felicia Gee (6A)

3rd Place: Nelson Mantofa (5C)

Speech Choir Champion:

Grade 5A

Kudos to our teachers and parents who trained our children especially the winners. They truly deserve their places.

And for the Bahasa Indonesia, each grade level has a contest of their own. For Grades 1, Membaca Puisi, Grades 2, Deklamasi, Grades 3, Drama, Grades 4 Pantun, Grades 5, Baca Berita and for Grades 6 was InstaMag contest. The following are the winners:

Kelas 1:

Juara 1: Gregory Russell Yuwono

Juara 2: Devina Louisa Koentjoro

Juara 3: Graciella Chrisandy Mulya

 

Kelas 2:

Juara 1: Euginia Jocelyn Kolan

Juara 2: Eleazar Faith

Juara 3: Kenneth Alexander Hartoyo

 

Kelas 3:

Juara 1: Moses Marion Aryanto and Michael Tjandranaya

Juara 2: Michelle Mario and Sharon Cathy Anggono

Juara 3: Evelyn Sutanto and Jaeden Arsenio Fok

 

Kelas 4:

Juara 1: Jane Catherine Alexander

Juara 2: Jessy Valerie Pandin

Juara 3: Delicia Grace Dinar Pratiwi

 

Kelas 5:

Juara 1: Queencyla M. Levi Heriawan

Juara 2: Matthew Gee

Juara 3: Waylen Twensin

 

Kelas 6:

Juara 1: Fiona Ng

Juara 2: Helena Kaia

Juara 3: Vanda Veronica Kodrat

 

Congratulations to all the students who participated and to those who won. We say thank you too to all the teachers who unselfishly trained all our students and to our parents whose support is really amazing.

I don’t see any reason why this kind of event won’t push through, after all there were good feedbacks from the judges, teachers, students and most of all parents.

We look forward to the BahaSpeech 2017 wherein we will be discovering new talents from our precious students. See you again next year.

,

Study Tour Grade 1 go to Harvest

Kamis, 18 Februari 2016 merupakan hari yang sudah ditetapkan untuk melakukan study tour ke the harvest Surabaya. Pukul 08.00 WIB siswa-siswi kelas 1 A berangkat dari sekolah menuju the harvest Surabaya dan tiba disana sekitar pukul 08.30 WIB. Sedangkan kelas 1 B berangkat pukul 09.00 WIB. Setibanya di sana, para siswa ditemani oleh guru dan kakak-kakak dari the harvest Surabaya menuju dapur pembuatan cookies dan parline.

Para siswa dapat mengikuti instruksi dan mempraktekkan cara membuat adonan cookies dengan tertib. Kemudian mereka membentuk adonan cookies sesuai dengan bentuk bangun datar yang telah mereka pelajari. Mereka didampingi oleh 2 orang chef dan beberapa kakak dari the harvest Surabaya. Setelah itu, mereka membuat parline yang berbahan dasar cokelat dan cerry. Siswa juga dapat membuat parline sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh chef.

Mereka mengikuti instruksi saat chef memperkenalkan dan memperagakan cara menggunakan alat-alat membuat kue pada mereka, seperti blender, alat pemotong roti, oven dll. Setelah chef selesai memperkenalkan alat-alat pembuatan kue, para siswa berbaris rapi menuju lobby the harvest Surabaya untuk menunggu cookies matang di oven. Sambil menunggu, siswa memiliki kesempatan untuk membeli kue sesuai yang mereka inginkan.

Pada pukul 09.30 WIB para siswa kelas 1 A bersama guru kembali menuju sekolah. Sedangkan kelas 1 B masuk ke dalam dapur dan mengikuti aktifitas seperti kelas 1 A. Dalam pelaksanaan kegiatan anak-anak kelas 1 B juga dapat mengikuti setiap aktifitas dengan baik dan tertib.

Sebelum pulang, anak-anak berpamitan pulang kepada semua pihak the harvest Surabaya dan mengucapkan terimakasih pada mereka. Sepanjang perjalanan, guru juga menunjukkan pada siswa benda-benda lain yang bisa bergerak, seperti mobil. Sekitar pukul. 10.00 WIB kelas 1 A sampai di sekolah SDkr. Masa Depan Cerah. Dan disusul kedatangan siswa kelas 1 B pada pukul 11.00 WIB. Semua anak-anak merasa senang karena mendapat pengalaman baru tentang cara membuat cookies dan mengetahui alat-alat untuk pembuatan kue.